Rancang Bangun E-learning Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII Berbasis Web

Surya Ali Imron

Abstract


SMPN 2 Kwadungan adalah sekolah negeri yang berada di Desa Kendung, Kec. Kwadungan, Kab. Ngawi, Jawa Timur. Permasalahan yang di alami yaitu proses belajar mengajar dalam mata pelajaran bahasa Inggris, saat ini terdapat beberapa kekurangan ketika guru menyampaikan materi dan tugas. Siswa hanya mendengar, menulis, mengetik, mudah copy paste jawaban dari tugas milik teman sekelas, dan menjadi sebuah kecurangan nilai akademik. Sehingga proses pembelajaran tidak menarik meski sudah menggunakan beberapa aplikasi yaitu google classroom dan whatsApp. Dalam ulangan atau tes siswa banyak mendapat nilai di bawah rata-rata dan belum mendapatkan nilai yang standar terutama kelas VII SMPN 2 Kwadungan. Maka dari itu diperlukan adanya media pembelajaran yang baru. Salah satunya merancang dan membangun media pembelajaran secara online yang dapat diakses oleh para siswa dan guru selama terhubung dengan jaringan internet. Metodologi pengembangan penelitian ini yang digunakan adalah Model Waterfall serta untuk pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi pustaka. E-learning dirancang dan dibangun berbasis web menggunakan bahasa pemrograman Php MyAdmin dan MySQL sebagai databasenya. Hasil dari perancangan dan pembangunan aplikasi ini adalah sebuah E-learning yang berbasis website yang dapat mempermudah siswa dan guru dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dirancang dan dibangunnya e-learning dapat mempermudah proses pembelajaran yang dapat diakses secara online, sehingga mudah memahami pelajaran tersebut. Dalam ulangan atau tes siswa mendapatkan nilai yang baik, memuaskan dan tidak terkendala media pembelajaran.

Kata kunci: E-learning, SMPN 2 Kwadungan, MySQL, Model Waterfall.


Full Text:

PDF

References


Amri, I., & Aji, A. P. (2018). Rancang Bangun Sistem Aplikasi Penermaan Siswa Baru Menggunakan Metode Agile Di Smk Modelling Kabupaten Sorong. Jurnal Teknik Informasi Dan Keamanan, 51-57.

Bahrudin, I. A. (2016). a Comparative Study of User Acceptance Testing Between Modified Waterfall Model and Extreme Programming in Small-Scale Project Ida Aryanie Bahrudin Status Confirmation for Master ’ S Dissertation.

Darmadi, & Hamid. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Teknoinfo, Vol. 11, No. 2, 30-37.

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 15-21.

Jr, T. U. G. (2020). Evaluation of Le MaC Wireless Storage Management System by Modified Waterfall Model. World Scientific News, 144(March), 43–55.

Praptiningsih, & Purnama, B. E. (2015). Pembuatan Engine E-Learning Pada Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 2 Kebonagung. Indonesian Journal On Networking And Security, Vol 4 No 2, 37-43.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, W. E., & Astuti, Y. G. (2017). Perancangan Elearning Berbasis Web Pada Smp Negeri 3 Patuk Gunumg Kidul Yogya Karta. Jurnal Bianglala Informatika, 75-82 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.