APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Sandy Gama Sakti, Sandy Gama Sakti

Abstract


Abstrak: Proses pembelajaran pada mata pelajaran fisika di SMAN 1 Ngraho, pada dasarnya masih menggunakan metode pembelajaran secara konvensional. Di dukung dengan adanya kebijakan dari pihak sekolah yang menyetujui kebijakan penggunaan atau pemanfaatan E - Learning bagi guru maupun siswa, di  dalam  kebijakan  yang di berlakukannya siswa tersebut, di tuntut untuk lebih mandiri dan aktif dalam memperoleh informasi mengenai  materi  pembelajaran,  hal  tersebut  di  lakukan  supaya  siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja, asalkan ada alat yang menunjang seperti halnya handphone dan laptop yang terkoneksi langsung dengan WiFi. Jika kebijakan penggunaan E-Learning ini dapat berjalan dengan baik maka nantinya akan berdampak langsung pada keaktifan belajar dan juga hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode waterfall sehingga dapat mempermudah dalam mengerjakan skripsi. Metode waterfall terdiri dari analisis, desain, implementation, testing, dan Maintenance. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan studi pustaka. Metode wawancara atau tanya jawab merupakan metode yang secara langsung, mencari informasi dengan cara meminta keterangan kepada guru dalam menentukan media pembelajaran dan data - data yang diperlukan untuk database dalam pembuatan rancang bangun e – learning berbasis web yang diambil dari sumber buku, google books, dan jurnal. Dengan adanya aplikasi E-Learning tersebut mampu mempermudah guru dalam mengajar dan siswa dalam menerima pembelajaran Fisika.

 

Kata Kunci: E-Learning, Fisika , Website, Waterfall, SMA N 1 Ngraho

 


Full Text:

PDF

References


Abdulloh, Robi. 2016. Easy & Simple Web Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Chiappeta, El, & Koballa, T.R. (2010). Science Instruction in The Middle and Secondary School 7th Edition. Buston : Alyn and Bucon.

Novita, R., & Sari, N. (2015). Sistem Informasi Penjualan Pupuk Berbasis E-Commerce. Teknoif, 3(2), 1– 6.

Riestiana, M., dan Sukadi. 2014. Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pada Commenditaire Vennontschap (CV) RGL Bordir dan Konveksi Pacitan.

Roby, Yanto. 2016. Managenmen Basis Data dengan Menggunakan My SQL. Yogyakarta: Depublish.Use the "Insert Citation" button to add citations to this document.

Sugihartono,dkk.2013. Psikologi Pendidikan yogyakarta: UNY Press Ary Ginanjar A. 2010

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.