AUGMENTED REALITY PADA PERUMAHAN MARSHALL MANSION SEBAGAI MEDIA PROMOSI BERBASIS ANDROID

Andre Septian, Sekreningsih Nita

Abstract


Augmented Reality adalah sebutan teknologi untuk sarana yang mengintegrasikan fenomena tidak nyata dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam fenomena nyata, kemudian memproyeksikannya dalam waktu yang nyata. Studi kasus penelitian ini dilakukan di perusahaan property yaitu Marshall Mansion. Penggunaan teknologi Augmented Reality yang dikombinasikan dengan brosur perumahan akan menjadi suatu inovasi dalam media promosi. Tampilan bentuk rumah secara tiga dimensi di Smartphone akan mempermudah penyampaian informasi bentuk rumah kepada calon konsumen tanpa harus melihat langsung bentuk rumah yang telah dibangun. Metode Waterfall digunakan sebagai menyuplai pendekatan software dengan terurut diawali dari analisa, desain, pengkodean, pengujian dan pemeliharaan. Dengan diusungnya teknologi Augmented Reality membuat penelitian ini termasuk dalam jenis dari Research and Development. Observasi bentuk rumah dari Marshall Mansion, serta wawancara menjadi teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Tidak tertinggal juga studi kepustakaan yang memberikan literature mengenai penerapan teknologi Augmented Reality. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi android bernama “Marshall AR” serta bentuk mark-up dari brosur terbaru yang membuat bentuk rumah dapat timbul dalam bentuk 3D. Dalam hasil pengujian aplikasi Marshall AR berbasis android ini mengggunakan pengujian black box, dimana pengujian ini melewati beberapa scenario yang seluruhnya telah teruji
keberhasilannya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.