RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DIGITAL (DIGILIB) BERBASIS WEB PADA SMEA SORE MADIUN

Sigit Pradianto, Nasrul Rofi’ah Hidayati

Abstract


Pengelolaan informasi perpustakaan khususnya pada proses peminjaman dan pengembalian buku diperlukan suatu prosedur agar terhindar dari kesalahan penginputan data dan efisiensi waktu di dalam seluruh proses kegiatan di dalam sebuah perpustakaan.

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu sistem informasi perpustakaan digital (DIGILIB)  serta menerapkan perancangan konseptual dalam menganalisis dan mendesain rancang bangun sistem informasi. 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kepustakaan, analisis, perencanaan, perancangan atau desain, pembangunan, uji coba sistem serta implementasi sistem. Model pengembangan di dalam penelitian ini menggunakan model penelitian air terjun atau juga dikenal sebagai metode waterfall yang memaparkan pendekatan sistematis dan juga berurutan pada level kebutuhan sistem. Aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Adobe Dreamweaver, yang pada dasarnya multiplatform sehingga dapat dijalankan oleh berbagai sistem operasi komputer. Selain itu Adobe Dreamweaver  memiliki kemampuan untuk membuat halaman web yang terlihat konsisten sehingga memudahkan dalam membangun aplikasi.

Hasil penelitian ini adalah peningkatan pada proses transaksi peminjaman dan pengembalian buku yang menjadi lebih mudah dan cepat sehingga menghasilkan informasi yang akurat, relevan dan tepat waktu guna pengambilan keputusan.

 

Kata Kunci : sistem informasi, perpustakaan, perpustakaan digital, web, mysql.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.