SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAYANAN IKLAN DAN PROMOSI BERBASIS WEB PADA DISPERINDAG KOTA MADIUN

Ranu Tri Wijaya, Nasrul Rofiah Hidayati, Sekreningsih Nita

Abstract


Iklan dan promosi merupakan bagian penting dari rencana membangun bisnis untuk memasarkan produk, mulai dari usaha eceran hingga perusahaan besar. Saat ini, pelayanan ijin iklan dan promosi pasar pada Dinas Perdagangan Kota Madiun masih bersifat konvensional. Surat ijin kegiatan harus diantar secara langsung oleh pegawai Dinas Perdagangan ke unit pasar yang ditunjuk, sehingga menemui banyak kendala dalam komunikasi antara pihak pasar dan Dinas Perdagangan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi manajemen untuk memudahkan pelayanan pengurusan ijin iklan maupun promosi, sekaligus dalam merekap laporan. Adapun metode pengembangan pearangkat lunak yang digunakan adalah Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah Dinas Perdagangan terbantu dalam melakukan transaksi dengan pihak pasar, serta masyarakat juga mudah untuk mendapatkan pelayanan dalam mengurus ijin iklan dan promosi dipasar unit.

Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen, Iklan dan promosi, Konvensional, Waterfall.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.