RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEBSITE PADA TOKO SEPATU NANA SPORT

Dedik Rohmahtuloh, Fatim Nugrahanti

Abstract


Toko online atau E-Commerce merupakan salah satu strategi penjualan yang sedang menjamur dalam dunia internet. Konsep online shopping memiliki banyak kemudahan dan kelebihan bagi pihak konsumen maupun pihak penjual jika dibandingkan dengan sistem belanja konvensional. Akan tetapi sistem penjualan, pengelolaan stok barang dan pelaporan pada Toko Sepatu Nana Sport yang berlokasi di Jalan Setia Budi Kota Madiun masih dilakukan secara konvensional, dengan proses penjualan masih mengandalkan pembeli yang datang ke toko untuk kemudian melakukan transaksi pembelian. Pencatatan penjualan dan stok produk masih diarsipkan dalam buku sehingga rawan terjadi kehilangan dan kerusakan data, selain itu pencarian data juga akan memperlambat rekap data penjualan maupun pengelolaan stok produk. Konsumen atau pelanggan yang ingin mengetahui informasi produk yang dijual harus bertanya kepada pemilik toko dan datang ke toko secara langsung. Solusi dari permasalahan yang ada yaitu dengan membuat sebuah sistem informasi penjualan berbasis website yang memudahkan penjual dalam melayani konsumen dan pengelolaan data yang disimpan dalam database.

Sistem informasi penjualan ini dikembangkan menggunakan metode waterfall, metode ini digunakan karena mudah diterapkan pada perancangan sistem informasi ini. Sistem informasi penjualan ini juga memudahkan konsumen yang ingin membeli produk dimanapun dan kapanpun.

Hasil penelitian menyatakan bahwa merancang sebuah sistem informasi penjualan berbasis website dapat membantu pekerjaan admin dalam melakukan pengelolaan stok produk dan melaporkan hasil penjualan secara efektif. Sistem ini dapat diakses oleh seorang admin sebagai pengatur transaksi, dan user/konsumen yang dapat melakukan transaksi pembelian barang.

 

Kata kunci: Sistem Informasi Penjualan, Website, Toko Sepatu Nana Sport, Waterfall.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.