STRATEGI PEMASARAN BATIK MELALUI MARKETPLACE UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN MENGGUNAKAN SWOT ANALYSIS

Muh Nur Luthfi Azis

Abstract


Era digital merupakan era dimana masyarakat di berikan keleluasaan dalam melakukan banyak hal selama masih dalam koridor sesuai dengan peraturan-peraturan yang ada di dalam pemerintah, tidak terkecuali pada sistem perdagangan, dalam dunia bisnis saat ini, model transaksi sudah bergeser kedalam perdagangan melalui dunia maya, di buktikan dengan banyaknya bisnis ritail modern di mall-mall saat ini sudah banyak yang menutup gerainya tercatat 8 official store di indonesia yang menutup gerainya yang di akibatkan pergeseran model transaksi dan belanja masyarakan, dalam sistem perdagangan di sebut sebagai E commerce. Dalam hal ini pemasaran batik pacitan masih sangat minim karena menggunakan 2 model yaitu social media secara organik dan marketplace dengan kurangnya perawatan sehingga banyak yang kecewa dengan pelayanan online tersebut, sedangkan dalam mendukung ke arah bisnis digital untuk mendapatkan profit maksimal ada beberapa komponen yang harus di perhatikan : pengembangan produk, strategi promosi,transaksi online, beberapa pemilik batik saat ini sangat merasakan belum maksimalnya pengelolaan toko yang ada di marketplace, dengan demikian dapat di simpulkan bagaimana langkah-langkah pengelolaan toko yang ada di marketplace secara maksimal untuk mendapatkan profit sesuai target yang di inginkan

 

Kata Kunci : E Commerce, Business Strategy, Analisis SWOT, Teknologi E Commerce , SWOT E Commerce


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.