Analisis Supply Chain Management (SCM) Komoditas Cabai Rawit Merah di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang

Novianto Yudo Saputro

Abstract


Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu pusat pemasok komoditas cabai dan sayuran lainnya untuk Kota Salatiga dan sekitarnya. Sebagai komoditas sayuran, cabai rawit merah yang merupakan salah satu jenis cabai yang memiliki nilai jual tinggi di Kecamatan Getasan. Supply Chain Management (SCM) cabai rawit merah di Kecamatan Getasan berkaitan dengan proses pendistribusian cabai rawit merah yang mencakup aliran produk, informasi, serta keuangan. Mengetahui SCM komoditas cabai rawit merah di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, yang mencakup aliran produk, informasi, dan keuangan, berserta tingkat efisiensinya adalah tujuan dari penelitian kualitatif ini. Berdasarkan hasil analisis didapatkan aliran produk berupa cabai rawit merah segar, aliran informasinya dari petani ke setiap mata rantai yang terlibat, dan aliran keuangan berupa biaya dan keuntungan pada tiga saluran yang sejalan dengan proses pendistribusian produk yang mana transaksi pembayaran yang digunakan berpengaruh pada kinerja setiap mata rantai. Berdasarkan nilai share keuntungan didapatkan bahwa SCM komoditas cabai rawit merah di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang telah efisien. Diharapkan SCM komoditas cabai rawit merah di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang dapat berjalan lebih efisien agar tidak ada mata rantai yang mengalami kerugian dan dapat menstabilkan harga cabai rawit merah di pasaran.

Full Text:

PDF

References


Anwar, S.N. 2011. Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management): Konsep dan Hakikat. Jurnal Dinamika Informatika. Vol. 3, No. 2.

Budiman, Evander. 2013. Evaluasi Kinerja Supply Chain Pada UD. Maju Jaya Di Desa Tiwoho Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174. Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 443-452.

Maulidiya, N.S. et al., 2014. Pengukuran Kinerja Supply Chain Berdasarkan Proses Inti pada Supply Chain Operation Reference (SCOR) (Studi Kasus Pada PT Arthawenasakti Gemilang Malang). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, Vol. 2, No. 4.

Miles, B.B dan A.M. Huberman. 1992, Analisa Data Kualitatif. UI Press Jakarta.

Puspitawati dan Wardhani. 2013. Analisa Efisiensi Komoditi Cabai (Capsicum annum L) pada Beberapa Saluran Pemasaran di Kota Madiun. Jurnal Agri-tek.

Soka, T.D. et al., 2017. Kinerja Rantai Pasok Sayuran Komersial di Pasar Tradisional Kota Bogor. Jurnal Agribisains. Vol. 3, No. 2 Oktober 2017.

Tubagus, L.S. et al., 2016. Analisis Rantai Pasokan (Supply Chain) Komoditas Cabai Rawit Di Kelurahan Kumelembuai Kota Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi. Vol. 4, No. 2, Hal. 613-621.

Yusuf, A.M. 2014. Metode Penelitian: Kuatitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.