Implementasi Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Web, Barcode, dan SMS Gateway

Hery Santono

Abstract


Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi ini semakin pesat yang mencakup semua aspek kehidupan. Salah satu aspek terdampak perkembangan teknologi tersebut adalah pendidikan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembayaran administrasi SPP. Salah satu contohnya adalah SMK Negeri 1 Wonosegoro dalam proses pelayanan pembayaran administrasi SPP masih menggunakan cara pencatatan manual kedalam sebuah buku besar, lamanya dalam proses antrian pembayaran SPP, dan sering melakukan kesalahan dalam hasil pembuatan laporan, sehingga sistem yang berjalan saat ini belum optimal, karena itu perlu adanya peningkatan sistem secara terkomputerisasi pada laporan pembayaran SPP. Untuk itu, sistem terkomputerisasi berbasis web yang disertai komunikasi dengan orang tua/wali dalam bentuk SMS Gateway dibuat untuk untuk meningkatkan keakuratan, kecepatan, serta ketetapan dalam pembuatan laporan sehingga mengurangi kesalahan dalam laporan pembayaran. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi pustaka, sedangkan dalam perancangan sistem informasi penulis menggunakan metode Object Orientied Analis Desain“OOAD” menggunakan Unified Modeling Language (UML), perangkat lunak yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya dan SMS Gateway. Kesimpulan dari sistem informasi pembayaran SPP  dapat mengelola data siswa, mengelola laporan pembayaran (bulanan dan menunggak), serta mengirim siaran SMS untuk menginformasikan siswa sudah membayar dan mengingatkan pembayaran bagi siswa yang menunggak kepada orang tua/wali.

Full Text:

PDF

References


Ainamulyana. (2017). Juknis BOS Tahun 2018 Untuk SD SMP SMA dan SMK . Diakses pada 03 Agustus 2018, dari https://ainamulyana. blogspot.com/2017 /03/permendikbud-nomor-8-tahun-2017-tentang.html

Madcoms. Kupas Tuntas Adobe Dreamweaver CS6 dengan Pemograman Php dan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset, 2013

Purnawirawan, Heru. 2013. Perancangan Sistem informasi Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) SMK Negeri 3 Jepara dengan SMS Gateway. Jurnal Ilmiah Forum UNSA.

Supriyanto Aji.2007 pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Infotek. Syahbana Ali, Purnama Eka Bambang, Sukadi. 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.