Perancangan Sistem Informasi Presensi bagi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Berbasis Web

Joko Listiawan

Abstract


Fenomena Tidak naik kelas atau tinggal kelas di Indonesia relatif cukup tinggi salah satu contoh adalah SMKN 1 Tengaran. Merujuk pada aturan di SMKN 1 Tengaran, salah satu kriteria untuk naik kelas adalah peserta didik minimal 75 % harus wajib hadir disekolah dalam satu tahun. Faktor yang melatarbelakangi peserta didik tidak naik kelas adalah salah satunya perilaku membolos atau tidak masuk tanpa keterangan. Kadang siswa dari rumah pergi ke sekolah, tapi tidak sampai ke sekolah. Dan masalah tersebut, tidak langsung diketahui oleh orangtua peserta didik. Presensi yang berbasis paper yang masih diterapkan, memerlukan waktu yang panjang untuk memberitahu orangtua tentang status atau keadaan dari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi presensi bagi peserta didik berbasis web di SMKN 1 Tengaran, Jawa Tengah. Metodologi yang dipergunakan oleh peneliti dalam merancang sistem informasi presensi bagi peserta didik ini melalui wawancara secara langsung dengan petugas piket disekolah dan dokumen-dokumen tertulis yang berkaitan dengan presensi peserta. Dengan sistem informasi presensi bagi peserta didik berbasis web ini, apabila peserta didik meninggalkan pelajaran ditengah-tengah pembelajaran atau tidak masuk sekolah, orangtua dari peserta didik langsung diberi tahu oleh sistem melalui pesan singkat. Sehingga informasi tentang status peserta didik segera didapatkan oleh orangtua dari peserta didik. Sehingga, tingkat ketidak hadiran peserta didik dapat ditekan.

Full Text:

PDF

References


Al Husain, Abdul Haqy Aji Prastian, Andre Ramadhan. 2017. Desain Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan Pada PT. Sintech Berkah Abadi.

Abdul Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi, Penerbit Andi, Yogyakarta: 9, 45

Https://idcloudhost.com/wp content/uploads/2017/08/Panduan-Belajar-Cepat-Framework-Codeigniter-untuk-Pemula-IDCloudHost.pdf. 4 Agustus 2019 (14:35).

Https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/06/26-pengertian-sistem-menurut-para-ahli.html. 4 September 2019 (10:15).

Latif Cahyono. 2017. Pengembangan Sistem Informasi Absensi Peserta didik Berbasis Web Di SMK YPKK 1 Sleman Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta.

Taronisokhi Zebua, Pristiwanto. 2017. Pembangunan web Mobile Mahasiswa Pada Platform Android Yang Terintegrasi dengan website Utama Sistem Informasi Akademik (SIA) STMIK Budi Darma, AMIK STIEKOM Sumatera Utara, STMIK Budi Darma Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.