Rancang Bangun Sistem Pakar Bimbingan Konseling Kesulitan Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Studi Kasus di SMPN 1 Mejayan

Putri Nur Afifah

Abstract


Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan peneliti di SMP Negeri 1 Mejayan ada 54% siswa yang mengalami permasalahan kesulitan dalam belajar. Namun dengan terbatasnya waktu guru dalam melakukan bimbingan sehingga tidak semua siswa dapat melakukan bimbingan konseling. Berdasarkan permasalahan diatas untuk mempermudah dalam mengatasi permasalahan yang dialami siswa, maka dibutuhkan sebuah sistem pakar bimbingan konseling kesulitan belajar siswa. Sistem pakar yang dibangun berbasis website dan metode yang digunakan dalam pembangunan sistem pakar adalah forward chaining. Forward chaining merupakan sebuah metode inferensi yang melakukan penalaran kedepan dengan menentukan masalah-masalahnya untuk menentukan sebuah solusi. Berdasarkan hasil pengujian sistem dengan menggunakan metode black box menunjukan bahwa seluruh responden menyatakan bahwa 100% fungsi pada fitur yang digunakan berjalan normal. Hasil penelitian ini adalah dengan dibangunnya sistem pakar berbasis bimbingan konseling kesulitan belajar siswa web ini dapat memberikan kemudahan dalam aktivitas-aktivitas akademik khususnya bimbingan dan konseling yang dibutuhkan oleh siswa sehingga siswa tidak harus bertatap muka langsung dengan guru bimbingan dan konseling. Selain itu dapat memberikan informasi kepada orang tua siswa tentang solusi cara mengatasi kesulitan belajar siswa dan beserta dengan penanganannya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.