Rancang Bangun Aplikasi E-Learning pada SMK Kesehatan Rahani Husada Madiun Berbasis Website

Adi Susanto

Abstract


Saat ini sistem pembelajaran pada SMK Kesehatan Rahani Husada Madiun masih bersifat konvensional. Proses kegiatan belajar mengajar saat ini hanya waktu jam sekolah. Ketika guru belum bisa hadir maka proses kegiatan belajar mengajar terhenti. Selain itu ketika siswa sakit maka siswa tersebut juga tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar. Sehingga perkembangan siswa dalam proses belajar dapat terhambat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibuat suatu aplikasi e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi e-learning berbasis website  pada SMK Kesehatan Rahani Husada Madiun. Dengan menggunakan aplikasi e-learning diharapkan dapat mempermudah guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar secara online. Dalam melakukan pengembangan perangkat lunak ini, peneliti menggunakan pendekatan terstruktur yang merupakan suatu pendekatan berorientasi proses terfokus pada aliran data dan proses bisnis suatu perangkat lunak. Pada tahap awal pengembangan perangkat lunak, dibutuhkan suatu model untuk mengacu dalam pengembangan perangkat lunak. Model itu disebut model proses. Model proses yang digunakan dalam pembangunan e-learning ini adalah model sekuensial linier atau Model waterfall. Model waterfall melingkupi aktivitas-aktivitas yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pembuatan, pengujian, implementasi, dan pemeliharaan sistem.. Hasil penelitian ini adalah aplikasi e-learning berbasis website  pada SMK Kesehatan Rahani Husada Madiun.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2019). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode Saw Pada Perusahaan Leasing. Jurnal Teknovasi. (Vol. 06, No. 01, pp. 10)

Faizal, M., & Putri, S. L. (2017). Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Berbasis Web (Studi Kasus Di Pt Perkebunan Nusantara Viii Tambaksari). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. (pp. 9-10)

Hafizd, K. A., & Sayyidati, R. (2017). Sistem Informasi Perpustakaan Politeknik Negeri Tanah Laut. Jurnal Sains dan Informatika. (Vol. 3, No. 2, pp. 62)

Hendri. (2017). Sistem Informasi Pencatatan Gangguan Jaringan Berbasis Web. Jurnal Informatika. (Vol. 4, No. 1, pp. 138)

Pamungkas, C. A. (2015). Rancang Bangun E-Learning Center Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Kuantitas Media Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta. (Vol. 1, No. 2, pp. 9-13)

Prabowo, F. A., & Syani, M. (2017). Sistem Informasi Pengolahan Sertifikat Berbasis Web Di Divisi Training Seamolec. Jurnal Masyarakat Informatika Indonesia. (Vol. 2, No. 1, pp. 76)

Pradiatiningtyas, D., & Suparwanto. (2017). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Smk N 4 Purworejo. Indonesian Journal on Networking and Security. (Vol. 7, No. 2, pp. 2-3)

Ruslan. (2016). Pengolahan Data Nilai Siswa Menggunakan Aplikasi Visual Basic. JURNAL SIGMATA. (Vol. 4, No. 1, pp. 57)

Shadek, T. F., & Swastika, R. (2017). Pengembangan Aplikasi Sistem E-Learning Pada Seluruh Mata Kuliah Dengan Menggunakan Program Hypertext Prepocessor (Php) Dalam Rangka Peningkatan Mutu Proses Dan Hasil Pembelajaran. Jurnal ProTekInfo. ( Vol. 4, pp. 13-15)

Umar, R., Yudhana, A., & Wassalam, O. J. F. (2018). Desain Antar Muka Sistem e-Learning Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi. (Vol. 02, No. 01, pp. 35-36)

Utami, L. A., & Khasanah, S. N. (2018). Sistem informasi Penjualan Kerajinan Tempurung Kelapa Berbasis Web pada Butik “Wood & Coconut”. Jurnal & Penelitian Teknik Informatika. (Vol. 2, No. 2, pp 12)

Wadisman, C. (2018). Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Logistik Pada Kantor Cabang Bri Solok. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS). (Vol. 1, No. 2, pp. 142)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.