Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Dana Pinjaman Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Mutasarofi Akhiroh

Abstract


Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) pada Kelurahan Ngegong masih banyak pemohon pinjaman dana yang digunakan untuk keperluan kebutuhan ekonomi yang berbeda-beda. Dalam hal ini dana pinjaman, lembaga masih menggunakan data dan perhitungan yang manual sehingga pengambilan keputusan pemberian dana pinjaman terkadang masih kesulitan dan salah sasaran.

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah di Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) pada Kelurahan Ngegong yang membantu melakukan pengambilan keputusan pemberian dana pinjaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) pada Kelurahan Ngegong dalam mengambil keputusan pemberian dana pinjaman secara cepat, tepat, dan tidak salah sasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah mencari bobot terakhir dari bentuk hasil penilaian setiap alternatif dari semua atribut.

Hasil penelitian memberikan informasi bahwa perancangan sebuah sistem pendukung keputusan pemberian dana pinjaman merupakan kebutuhan lembaga dimana sistem akan membantu proses pengambilan keputusan pengolahan data peminjam dana di lembaga. Dengan pembuatan sistem ini pemrograman dilakukan dengan berbasis website. Dengan menggunakan sistem pendukung keputusan pengolahan pengambilan keputusan diharapkan nantinya akan mempermudah pengelola lembaga atau admin dalam proses mengelola pengambilan keputusan pemberian dana pinjaman, dan mempermudah pengelola dalam menghitung perangkingan data peminjam dana.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.