Rancang Bangun Game Unipma Student Adventure Menggunakan Metode Dynamic Weighting A*

Rangga Raka Siwi

Abstract


Meningkatnya perkembangan pada game komputer menjadi salah satu kebutuhan, sebagai media alternatif media hiburan. Adapun pilihan game sangat beragam, salah satunya seperti game adventure. Game Unipma Student Adventure merupakan sebuah game yang dapat dimainkan semua kalangan. Karakter utama pada game ini adalah menggambarkan seorang mahasiswa unipma yang sedang berpetualang mengalahkan monster-monster kampus. Monster-monster tersebut merupakan gambaran dari selama mahasiswa mengikuti perkuliahan seperti tugas, ujian, projek dan skripsi. Game dirancang menggunakan metode dynamic weighting a*. Tujuan dan pembuatan game ini adalah untuk mengedukasi atau memotivasi mahasiswa dalam menempuh studi. Aplikasi game ini dapat dijadikan sebagai alat promosi prodi dan unipma. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi game unipma student adventure yang dapat dimainkan dengan menggunakan android.

Kata Kunci: Adventure, metode, dynamic weighting A*, Aplikasi, Android


Full Text:

PDF

References


Busran, Fitriyah. (2015). Sistem Perancangan Permainan (Game) Edukasi Belajar Membaca Pada Anak Prasekolah Berbasis Smartphone Android (Studi Kasus : Taman Kanak-Kanak Ikal Iqra Padang Selatan). Jurnal TEKNOIF. Vol. 3 No. 1.

Dedi Saputra, dan Arif Rafiqin. (2017). Pembuatan Aplikasi Game Kuis “Pontianak Punye” Berbasis Android. Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. V, No. 2.

Edy Santoso, Sulistyowati, Andy Rachman. (2016). Rancang Bangun Game Adventure Gyro Berbasis Android Menggunakan Model Rational Unified Process (RUP). Integer Journal. Vol 1, No 2.

Imam Ahmad, Wahyu Widodo. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. KHAZANAH INFORMATIKA .Vol. 3, No.2.

Louis George L, Xaverius N. B. Najoan, dan Brave A. Sugiarso. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Augmented Reality Permainan Tradisional Sulawesi Utara Dodorobe. E-Journal Teknik Informatika Vol 12, No.1.

Lourent Stefano Mongi, Arie S. M. Lumenta, Alwin M. Sambul (2018). Rancang Bangun Game Adventure of Unsrat Menggunakan Game Engine Unity. E-Journal Teknik Informatika Vol. 14, No.1.

Muhammad L. I, Hazmi H. H, Gilang F. (2015). Game Runner Berbasis Mobile yang Mengangkat Sejarah Indonesia. Penulisan Jurnal Proyek Akhir Universitas Telkom . ISSN : 2442-5826. Volume.1, No.2.

Putra widiarto. 2016. Pembuatan Game The Legend Of Diponegoro Chapter Iii : The Sabil War.

Rita Irviani dan Rossi Oktaviana.2017. Aplikasi Perpustakaan Pada SMA N 1 Kelumbayan Barat Menggunakan Visual Basic. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model) Volume.8, No.1.

Rudi Priyana, Endah Tri Esti Handayani. (2019). Perancangan Game “Heroes Surabaya” Sebagai Edukasi Pengetahuan Sejarah Menggunakan Algoritma BFS Berbasis Android. JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. Vol. III, No.1.

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 2(1), 6-12.

Yuntari Purba Sari. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Dan Persedian Obat Pada Apotek Merben Di Kota Prabumulih. JSK, Juni 2017.Vol.1, No.1.

Zulfandri, dkk. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Poliklinik Gigi (studi kasus : Poliklinik Gigi Kejaksaan Agung RI). Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen. ISSN : 2302-3740.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.