Rancang Bangun Aplikasi Pengukur Luas Ruangan Berbasis Mikrokontroler

Ali Maghfur, Sekreningsih Nita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mempermudahkan arsitek, desain interior dan tukang dalam mengukur ruangan, karena alat yang digunakan untuk mengukur ruangan saat ini masih menggunakan meteran, namun hal tersebut kurang efesien dan memakan waktu yang lama jika ruangan tersebut besar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Waterfall, di mana peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi lapangan yang dilakukan di ruangan yang akan dilakukan pengukuran dan wawancara pada pihak–pihak yang memiliki pengetahuan tentang elektronika dan mikrokontroler, kemudaian data tersebut dikembangkan sesuai dengan kebutuhan objek penelitian. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa merancang sebuah aplikasi pengukur luas ruangan dapat membantu arsitek, desain interior, dan tukang dalam membangun suatu ruangan. Dalam perancangan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan untuk databasenya menggunakan MySQL, untuk alatnya menggunakan mikrokontoler dan sensor ultrasonik. Dengan menggunakan aplikasi pengukur luas ruangan diharapkan dapat berguna untuk masyarakat yang membutuhkan alat ukur ruangan.

Full Text:

PDF

References


Almuttaqin, G. (2016). Sistem Informasi Pendaftaran Pernikahan Berbasis Online Menggunakan Metode Waterfall (Study Kasus: Kantor Urusan Agama Kecamatan Mandau-Duri). Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 52-55.

Anwar, S., & Irawan, F. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengajuan Pengadaan Suku Cadang Mobil Pada PT. Andalan Chrisdeco Berbasis Web. Pilar Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information System, 13(1), 113-121.

Budiarso, Z., & Prihandono, A. (2015). Implementasi Sensor Ultrasonik Untuk Mengukur Panjang Gelombang Suara Berbasis Mikrokontroler. Dinamik, 20(2).

Chan, S. (2017). Membuat Aplikasi Database dengan PowerBuilder 12.6 dan MySQL. Jakarta; PT Elex Media Komputindo.

Dharmawan, H. A. (2017). Mikrokontroller: Konsep Dasar dan Praktis. Malang; UB Press.

Gulo, S., & Simamora, R. J. (2018). Perancangan Sistem Informasi Administrai Rawat Inap Dan Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Umum Siti Hajar. METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 2(1), 30-42.

Hakim, A., & Pratama, W. (2017). Pengatur Suhu Ruangan Otomatis Berbasis Mikrokontroler ARM Cortex M0 NUMICRO NUC140VE3CN. Jurnal Ilmiah Komputasi, 16(1).

Jubilee Enterprise. (2016). Belajar Java, Database, dan NetBeans dari Nol. Jakarta; PT Elex Media Komputindo.

Jubilee Enterprise. (2018). HTML, PHP, dan MySQL untuk Pemula. Jakarta; PT Elex Media Komputindo.

Kurniawan, A. (2015). NodeMCU Development Workshop. Depok.

Pamungkas, R. (2018). Teori dan Implementasi Pemrograman WEB. Madiun. UNIPMA Press.

Saifuddin, S., & Handoko, H. (2018). Pemanfaatan Database Mysql Untuk Proses Komputerisasi Peminjaman Dan Pengembalian Alat Laboratorium Di Smk Smk Binawiyata Sragen. IT CIDA, 2(1).

Sakti, S. P. (2017). Pengantar Teknologi Sensor: Prinsip Dasar Sensor Besaran Mekanik. Malang; UB Press.

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 2(1), 6-12.

Siswojo, B. (2017). Elektronika Kontrol: Pengantar Desain, Analisis dan Aplikasi Sistem Kontrol. Malang; UB Press.

Yunita, P. (2018). Aplikasi perhitungan payroll dosen pada stmik dumai. Informatika, 10(1), 18-21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.