Interaksi Sosial Anak Broken Home dengan Teman Sebaya di SMPN 1 Maospati

Shelia Esti Kusuma, Dahlia Novarianing Asri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana bentuk interaksi sosial anak broken home dengan teman sebaya di SMPN 1 Maospati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu 3 siswa kelas VII yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan broken home pada peserta didik mempengaruhi interaksi sosial dengan teman sebayanya dan memunculkan berbagai perilaku seperti merasa minder, kurang dapat bergaul dengan teman, tidak percaya diri, merasa rendah diri dan terdapat juga perilaku seperti sering melakukan bullying baik verbal maupun fisik serta kurang dapat mengontrol emosi. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa anak dengan keadaan broken home dalam interaksi sosial dengan teman sebayanya memunculkan banyak perilaku negatif.

Keywords


Interaksi Sosial, Broken Home, Teman Sebaya

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, K. (2023). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Anak. Jayapangus Press Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1). https://scholar.google.co.id/.

Massa, N., Rahman, M., & Napu, Y. (2020). Dampak Keluarga Broken Home Tehadap Perilaku Sosial Anak. Jambura Journal Community Empowerment, 1–10. https://doi.org/10.37411/jjce.v1i1.92

Ndari, P. (2016). DINAMIKA PSIKOLOGIS SISWA KORBAN BROKEN HOME DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 SLEMAN.

Rofiqah, T., & Sitepu, H. (2019). BENTUK KENAKALAN REMAJA SEBAGAI AKIBAT BROKEN HOME DAN IMPLIKASINYA DALAM PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING FORM OF YOUTH MISCHIEF AS A RESULT OF HOME BROKEN AND ITS IMPLICATIONS IN COUNSELING SERVICE. In Available online at www.journal.unrika.ac.id Jurnal KOPASTA Jurnal KOPASTA (Vol. 6, Issue 2). www.journal.unrika.ac.id

Savitri, N., Sholihuddin, M., Prodi, Z., Konseling, B., Uin, I., & Tulungagung, A. R. (n.d.). Komunikasi Interpersonal Korban Broken Home Terhadap Teman Sebaya (Studi Kasus Pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia

Shalahuddin, I., Nidzar Faijurahman, A., Sekolah Menengah Kejuruan, G., Bhakti Karya Penunjang Pembangunan Pendidikan YBKP, Y., & Jawa Barat, G. (2018). HUBUNGAN ANTARA SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME DENGAN PERILAKU MENYIMPANG DI SMA CILEDUG AL-MUSADDADIYAH GARUT. In The Journal of Holistic Healthcare) (Vol. 12, Issue 1).

Wahid, R., Tri Herlambang, Y., Hendrayani, A., & Susilo, V. (2022). DAMPAK KELUARGA BROKEN HOME TERHADAP PERUBAHAN KEPRIBADIAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2397

Wulandri, D., & Fauziah, N. (2019). PENGALAMAN REMAJA KORBAN BROKEN HOME (STUDI KUALITATIF FENOMENOLOGIS). In Jurnal Empati (Vol. 8, Issue 1).

Zaharini, Y., Ni’mah, M., & Bahruddin, B. (2022). Problematika Anak Broken Home dalam Proses Pembelajaran di MTS Miftahul Khoir Alas Tengah Besuk. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3513–3518.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Shelia Esti Kusuma, Dahlia Novarianing Asri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.