Penerapan Pembelajaran IPA Melalui Project Based Learning Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Nilai Kognitif dan Kolaborasi Siswa Kelas V di SDN Bulugunung I Tahun Pelajaran 2022/2023

Azimah Kusuma Ati, Restu Lusiana, Lina Nur Fitriana

Abstract


Menanamkan nilai karakter pada peserta didik sangat penting salah satu cara untuk menanamkan nilai karakter yang sesuai tujuan pendidikan nasional yaitu dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai kognitif dan kolaborasi siswa kelas V SDN Bulugunung I tahun 2022/2023 melalui penerapan pembelajaran IPA melalui Project Based Learning berbasis kontekstual. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif-kuantitatif. Instrumen Penelitian menggunakan lembar observasi, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I nilai kolaborasi siswa sebesar 71,06% dan nilai rata-rata siklus I sebesar 72,08. Kemudian, pada siklus II juga terjadi peningkatan pada nilai kolaborasi sebesar 91,06% dan nilai rata-rata siklus II sebesar 87,06. Peningkatan yang signifikan ini karena adanya perbaikan pada siklus II yaitu dengan memberikan penguatan berupa kegiatan yang langsung berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan pembelajaran IPA yang difokuskan pada materi zat tunggal dan zat campuran kelas V di SDN Bulugunung I melalui Project Based Learning berbasis kontekstual dapat meningkatkan nilai kognitif dan kolaborasi siswa


Keywords


IPA Berbasis Kontekstual, Project Based Learning, Kolaborasi

Full Text:

PDF

References


Abidin Pasaribu, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual untuk

Meremidiasi Miskonsepsi pada Materi Gaya dan Hukum Newton. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika 4(2). 36–47.

Kemdikbud. (2016). Kebijakan Pendidikan Abad 21. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasih. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Mutawally, A. F. (2021). Pengembangan Model Project Based Learning Dalam

Pembelajaran Sejarah

Resti Septikasari & Rendy Nugraha F. (2018). Keterampilan 4c Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad. Volume VIII Edisi 02. 112-122

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C

(Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Azimah Kusuma Ati, Restu Lusiana, Lina Nur Fitriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.