Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran berdiferensiasi berbasis asesmen diagnostik pada model problem based learning

Sulaiman Shidiq, Adi Satrio Ardiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi berbasis asesmen diagnostik pada model problem based learning. Penelitian dilaksanakan pada materi Lingkaran dengan sub materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi yang diambil berasal dari kelas XI SMA Negeri 1 Semarang, dengan pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik probability sampling jenis cluster random sampling. Diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran di kelas XI SMA Negeri 1 Semarang yang menerima pembelajaran berdiferensiasi berbasis asesmen diagnostik pada model problem based learning. Hal ini ditunjukkan dari perolehan 1) rata-rata nilai posttest lebih dari rata-rata nilai pretest pada kelompok eksperimen, 2) perolehan skor n-gain yang berkategori tinggi sebesar 0,702 pada kelompok eksperimen, dan 3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelompok eksperimen sebesar 0,705 lebih dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah di kelompok kontrol yang sebesar 0,510. Oleh karena itu, terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik dengan implementasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis asesmen diagnostik pada model problem based learning.


Keywords


Pembelajaran Berdiferensiasi, Asesmen Diagnostik, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, A. S., & Junaedi, I. (2020). Tingkat kreativitas matematika siswa dalam menyelesaikan muliple solution task setting challenge based learning ditinjau dari kemampuan matematika dan perbedaan gender. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 258-265).

Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik siswa sebagai pijakan dalam penelitian dan metode pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).

Chamberlin, M., & Powers, R. (2010). The promise of differentiated instruction for enhancing the mathematical understandings of college students. Teaching Mathematics and Its Applications: An International Journal of the IMA, 29(3), 113-139.

Fatimah, A. E. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Melalui Pendekatan Differentiated Instruction. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Handika, H. H., Zubaidah, T., & Witarsa, R. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 124-140.

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817-5826.

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The Role of Problem Based Learning to Improve Students’ Mathematical Problem-Solving Ability and Self Confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291-300.

Kilroy, D. A. (2004). Pembelajaran berbasis masalah. Jurnal kedokteran darurat, 21(4), 411-413.

Nasir, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pelajaran Matematika. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 1-19.

Nasution, S. W. (2022). Asesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135-142.

Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Klambir V T . P 2019 / 2020. Journal Mathematics Education Sigma, 1(1), 46–55.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Curriculum and Evaluation Standars for School Mathematics, United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics Inc.

Siburian, R., Simanjuntak, S. D., & Simorangkir, F. M. (2019). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 1–3.

Simanjuntak, S. D. (2016). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Matematis dan Sikap Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Subban, P. (2006). Differentiated instruction: A research basis. International education journal, 7(7), 935-947.

Tomlinson, C.A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms (2nd ed.). Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Tomlinson, C. A. (2005). Traveling the road to differentiation in staff development. Journal of Staff Development, 26(4), 8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sulaiman Shidiq, Adi Satrio Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.