Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Interaksi Sosial Siswa SMPN 2 Balong

Siti Chofipah Kusuma Putri, Dahlia Novarianing Asri

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana dampak dari media sosial tiktok terhadap interaksi sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di SMPN 2 Balong dengan subyek siswa SMP kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial Tiktok ini cukup berdampak pada interaksi sosial siswa yaitu terdapar dampak positif dan dampak negative. Dampak positifnya yaitu dapat mendorong kreatifitas untuk membuat suatu karya, sebagai media hiburan Ketika bosan atau wakti luang, akan tetapi terdapat dampak negatif seperti siswa kurang dalam belajar, lebih banyak memainkan HP daripada membuka buku. Siswa juga kurang peduli terhadap lingkungan, berkumpul membahas hal-hal viral yang ada di media sosial tik tok serta membuat video bersama dan berjoget Bersama, kurangnya pergaulan dengan orang sekitar, bersikap acuh tak acuh serta menyia-nyiakan waktunya.


Keywords


Media Sosial tiktok, Interaksi Sosial, Siswa

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap kepercayaan diri remaja di kabupaten sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135-148.

Ayub, M. (2022). Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja: Kajian Sistematik. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 7(1).

Evi, S., Afiah, N., Rahayu, M., & Haryanto, S. (2022, May). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Remaja Usia 12-18 tahun di Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 1, pp. 94-109).

Fauzan, A. (2021). DAMPAK APLIKASI TIK TOK PADA INTERAKSI SOSIAL REMAJA “STUDI DI KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR “(Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Ginting, N. R. R. B., & Wijaya, C. (2023). The Influence of Intensity Use of Tiktok Social Media on Student Social Interaction. Mahir: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 51-60.

Salsabila, E. F., HANGGARA, G. S., & ARIYANTO, R. D. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa SMK PGRI 2 Kediri. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 1, 32-41.

Sari, A. D. I., Chotimah, U., & Faisal, E. E. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Siswa Kelas Vii I Di Smp Negeri 2 Indralaya Utara (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Sari, S. A. (2022). Analisis Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Komunikasi Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Prodi Jurnalistik 2018 Uin Raden Fatah Palembang (Doctoral Dissertation, Uin Raden Fatah Palembang).

Sitorus, F. G. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik-Tok Terhadap Perilaku Anak (Studi Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Pada Remaja Di Kota Medan) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).

Tanjung, S. K. P., Sit, M., & Perkasa, R. D. (2023). Analisis Intensitas Penggunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Interaksi Sosial di Madrasah Tsanawiyah Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Journal on Education, 6(1), 1337-1347.

Zaputri, M. (2021). Dampak Kecanduan Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Iain Batusangkar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Chofipah Kusuma Putri, Dahlia Novarianing Asri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.