Peningkatan Hasil Belajar Tematik menggunakan Media Pembelajaran Word Wall pada Kelas III

Nur Hidananta Aji, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penggunaan media dinding kata di kelas III SDN Kepuhrejo; dan (2) bagaimana meningkatkan hasil belajar tematik di kelas III SDN Kepuhrejo dengan menggunakan media Word Wall. Bentuk penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif-kualitatif dan dikenal dengan nama penelitian tindakan kelas. Informasi dikumpulkan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa 33% siswa telah menyelesaikan hasil belajar pra-siklus, yang memenuhi syarat mereka masih kurang memuaskan. Hasil belajar siklus I diperoleh tingkat ketuntasan siswa sebesar 67% yang dapat dikatakan cukup baik. Hasil belajar siklus I diperoleh tingkat ketuntasan siswa sebesar 67% yang dapat dikatakan cukup baik. Dan hasil belajar siklus II mencapai proporsi 87% dengan kualifikasi sangat baik. Hasilnya, hasil belajar meningkat secara signifikan. Menurut penelitian, terbukti bahwa pembelajaran word wall dapat meningkatkan keterlibatan siswa dengan materi pembelajaran tematik, yang mengarah pada peningkatan hasil belajar.


Keywords


hasil belajar, tematik, word wall

Full Text:

PDF

References


Nurdyansyah, N. (2019). Media Pembelajaran Inovatif.

A’isyah, S. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas III MIS Nurul Huda Mantuil Banjarmasin.

Juliana, W. S., Hadi, F. R., & Marlina, D. (2022). Efektivitas media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar siswa SD kelas IV. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 729-734.

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860.

Arealya, D., Anggrasari, L. A., & Budiarti, M. (2022). Efektivitas media wordwall terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V pada mata pelajaran tematik di SDN 01 Taman Madiun. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 475-483.

Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794-5800.

Shiddiq, J. (2021). Inovasi Pemanfaatan Word-Wall Sebagai Media Game-Based Learning Untuk Bahasa Arab. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 5(1), 151-169.

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34-49.

Kusumawati, W., & Rosidah, L. K. U. (2019, September). SURVEY PERILAKU (ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR) WANITA PUSDALAM MENGGUNAKAN MKJP DI KELURAHAN NGAMPEL. In Prosiding Conference on Research and Community Services (Vol. 1, No. 1, pp. 426-432).

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan (1st ed.). Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Hidananta Aji, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.