Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui PjBL dengan Media Ecoprint pada Siswa Kelas IV

Clarita Vim Kamswara, Raras Setyo Retno, M. Soeprijadi Djoko Laksana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan model PjBL dengan media ecoprint dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Kepuhrejo; dan (2) peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Kepuhrejo dengan model PjBL dengan media ecoprint. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan dikenal sebagai penelitian tindakan kelas. Informasi dikumpulkan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa 39% siswa telah menyelesaikan hasil belajar pra-siklus, yang memenuhi syarat sebagai masih belum memuaskan. Hasil belajar pada siklus I memiliki tingkat ketuntasan siswa sebesar 72% yang dinilai cukup baik. Dan hasil belajar siklus II memperoleh persentase 83% dengan kualifikasi sangat baik. Hasilnya, hasil belajar meningkat secara signifikan. Menurut penelitian, pembelajaran menggunakan media PjBL dengan media ecoprint dapat mempermudah anak dalam memperoleh informasi tentang struktur dan fungsi daun di kelas IPA sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.


Keywords


hasil belajar, pembelajaran IPA, PjBL, ecoprint

Full Text:

PDF

References


Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293–304. https://doi.org/proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE

Irianingsih, N. (Ed.). (2018). Yuk Membuat Eco Print Motif Kain Dari Daun dan Bunga (Pertama). PT Gramedia Pustaka Utama.

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD (pertama). Edutrimedia Indonesia.

Mulyatiningsih, E. (2013). Penelitian Tindakan Kelas (1st ed.). Alfabeta, Bandung.

Nugraha, M. I., Tuken, R., & Hakim, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Education, 1(2), 142–167. https://doi.org/ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/25908

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sujana, A. (2014). Dasar-Dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya (Kesatu). UPI Press.

Widiantoro, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Ecoprint untuk Meningkatakan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(3), 759–778. https://doi.org/ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika/article/view/142

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2019). Metodologi Pembelajaran IPA (Pertama). PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Clarita Vim Kamswara, Raras Setyo Retno, M. Soeprijadi Djoko Laksana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.