Pengembangan Media Pop Up Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Di Sekolah Dasar

Endah Nur Aini, Cerianing Putri Pratiwi, Nur Samsiyah

Abstract


Pendidikan di era perkembangan teknologi yang cukup pesat menjadi tantangan serta tuntutan bagi pendidik. Perkembangan ini mendorong pendidik untuk meningkatkan proses belajar guna menciptakan pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop up digital pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di Sekolah Dasar. Hal ini karena pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan pembelajaran yang sangat penting dan dalam jenjang sekolah dasar siswa perlu memahami pembelajaran Bahasa Indonesia dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall lima langkah penelitian. Media yang dikembangkan divalidasi oleh dua ahli dan dikategorikan sangat layak (90%) oleh ahli materi dan sangat layak (96,36%) oleh ahli media. Hasil uji coba lapangan pada 34 siswa mendapatkan respon sebesar 87,56% dan dikategorikan sangat menarik, serta hasil angket respon guru adalah 86,15% dikategorikan sangat menarik. Berdasarkan temuan tersebut, media pop up digital dapat menarik minat siswa dan sangat layak dijadikan sarana penunjang dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia.


Keywords


Media Pembelajaran; Media Pop Up Digital; Pembelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


‘Aini, Qurrotul, Maqda Almadinab, Veny Safitri, Nur Mawaddah, and Naili Sa’ida. 2021. “Pop Up Digital Sebagai Media Untuk Menumbuhkan Motivasi Membaca Anak.” JCE (Journal of Childhood Education) 5(2):516. doi: 10.30736/jce.v5i2.657.

Aida, La’ali Nur, Dewi Maryam, Sari Dian Agami, and Ulya Fuwaida. 2020. “Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual.” Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 7(1):43-44.

Ali, Muhammad. 2020. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):35–44. doi: 10.31851/pernik.v3i2.4839.

Firmadani, Fifit. 2020. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional 2(1):93–97.

Khamidah, Anis, and Norma Ita Sholichah. 2022. “Digital Pop Up Learning Media for Early Childhood Cognitive Development.” Indonesian Journal of Early Childhood Educational Research (IJECER) 1(1):11. doi: 10.31958/ijecer.v1i1.5833.

Nurrita. 2018. “Kata Kunci : Media Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa.” Misykat 03:171–87.

Sarwono, Ridha. 2022. “Pengembangan Bandicam Berbasis Power Point Sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa PGSD.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 12(1):69–73. doi: 10.24246/j.js.2022.v12.i1.p69-73.

Wahono, Tri Budi, Henry Saputra, and Choirul Huda. 2018. “Pengembangan Media Pop Up Sebagai Upaya Melestarikan Wayang Klitik.” Paedagogia 21(2):220. doi: 10.20961/paedagogia.v21i2.13316.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Endah Nur Aini, Cerianing Putri Pratiwi, Nur Samsiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.