Merubah Perilaku Perundungan Menggunakan Konseling Kelompok Teknik Self Talk pada Siswa

Wahyu Afifaturrohmah, Ibnu Mahmudi, Diana Ariswanti Triningtyas

Abstract


Layanan konseling kelompok teknik Self Talk adalah suatu teknik modifikasi perilaku dengan mengubah pikiran yang irasional menjadi rasional untuk mengarahkan perilaku yang lebih positif. Memuat tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bahaya perundungan yang menjadi ancaman nyata dalam kalangan remaja. Fenomena perundungan bukanlah fenomena baru yang kita lihat bahkan rasakan. Jenis penelitian ini menggunakan metode library reserch atau studi literatur sebagai dasar penelitian ini. Hasil rangkuman studi pustaka menunjukan bahwa layanan konseling kelompok teknik self talk  untuk merubah perilaku perundungan sangat diperlukan agar layanan yang diberikan dapat memberikan kemudahan dalam menyelesaikan pertumbuhan dan perkembangan individu, selain bersifat pencegahan konseling kelompok juga bersifat penyembuhan. Sedangkan teknik self talk bertujuan untuk merubah pikiran yang irasional menjadi rasional sehingga pikiran negatif pada diri individu dapat berubah menjadi pandangan positif. Ia akan memilih kata atau kalimat-kalimat positif yang disukai sebagai teknik untuk mengatasi persoalan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok tekni self talk yang diberikan kepada siswa memberikan perubahan pada perilaku perundungan.


Keywords


Perundungan, Konseling Kelompok, Teknik Self talk

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. R. (2015). Metode penelitian kuantitatif. Aswaja Pressindo

Adhiatma, Widhi., & Christianti, Purbo Laurentius. (2019). Suara Psikologi: Untuk Insan Imdonesia. Unika Jaya Jakarta.

Adhiputra, A. A. (2015). Konseling kelompok: perspektif teori dan aplikasi. Media Akademik.

Ahirudin, A., Rasyid, H., & Prsetyo, R. D. (2023). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok pada Perilaku korban Perundungan di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal on Education, 5(2), 5095-5101.

Asnawi, M. H. (2019). Pengaruh Perundungan Terhadap Perilaku Mahasiswa. Jurnal Sinestesia, 9(1), 33-39.

Aulia, D., & Nababan, R. (2021). Dampak Bullying Terhadap Peserta Didik SMA.

Ananda, S. S. D., & Apsari, N. C. (2020). Mengatasi stress pada remaja saat pandemi covid-19 dengan teknik self talk. Prosiding penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, 7(2), 248-256.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu Septina, R. (2020). Efektifitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self Talk dan Self Intruction untuk Meningkatkan Regulasi Diri Siswa (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Mutual Kota Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang)

Budirahayu, T. Kekerasan di Sekolah dalam Tinjauan Sosiologi Pendidikan. (2022). (n.p.): Airlangga University Press.

Bulbul, A., & Akyol, G. (2020). The effect of self-talk on athlets. African Educational Reserch Journal,8(3), 640-648.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di Sekolah: Pengertian, dampak, pe,mbagian dan cara menanggulanginya. PEDAGOGIA, 17(1), 55-66.

Erismon, E., & Karneli, Y. (2021). Evektifitas pendekatan Rtional Emotive Behavior Therapy untuk Mengatasi Perilaku Bullying Siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 1-13.

FA Utami, H Fitriyani. 2019. Self-Help Book untuk Meningkatkan Regulasi Emosi dengan Menggunakan Treatment Emotion-Focused Theraphy pada Peserta Didik korban Perundungan kelas XI di SMA Negri 112 Jakarta. Program Studi bimbingan dan konseling Universitas Negri Jakarta.

Fikriyah, A., Simon, I. M., & Lasan, B. B. (2022). Panduan Konseling dengan Teknik Coping Self Talk untuk Mengatasi Body Dysmorphic Disorder Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Buletin Konselig Inovatif, 1(1), 7-15

Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Prodram IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hidayati, N. L., & Widyana, R. (2021). Pelatihan regulasi emosi untuk menurunkan perilaku perundungan pada remaja pelaku perundungan. https://doi.org/10.3 5760/psi.2021.v14i1.3352

Jabbar, A. A., Purwanto, D., Fitriyani, N., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kematangan Karir. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 35-46.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). di akses pada 10 November. 2022. https://kbbi.kemendikbud.go.id/

Kirana, W., Litaqia, W., Karlistiyaningsih, B., & Hidayah, N. (2022) Buku Panduan Self Talk Positive dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan dan Stres Garda Terdepan Penanganan COVID-19. Penerbit NEM.

Lestari, H. Akreditasi Virtual SMP Negeri 1 Simpang Renggiang Tahun 2020. (n.d). (n.p): GUEPEDIA

Lestari, Windy S. (2016). Analisis Faktor-faktor Penyebab Bullying di Kalangan Peserta Didik. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 3(2), 2016, 147-157. Doi:10.15408/sd.v3i2.4385.

Lumongga, D. N. (2017). Konseling kelompok. N.p., Kencana.

M. Edi Kurnanto. (2014). Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.

MF Siraj, HW Wiryosutomo. 2020. Penerapan Konseling Neuro-linguistic Programming (NLP) untuk Menurunkan Perilaku Perundungan di SMA Wachid Hasyim 2 Sidoardjo. Surabaya: Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negri Surabaya.

M Santosa, R sugiarti. 2022. Perilaku Bullying Terhadap Regulasi Emosi pada Remaja Di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Volume 4 Nomor 5 Tahun 2022.

Muliarahmat, A., & Prasetiawan, H. (2021). Keefektivan Layanan Konseling Kelompok Teknik Self-Management untuk Mereduksi Kecanduan Game Online. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Nugroho, S., Handoyo, S., & Hendriani, W. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Bullying Di Pesantren: Sebuah Studi Kasus. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(2), 1-14.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan spss. Deepublish.

Perimawati, B. L. (2020). Mengurangi perilaku perundungan (bullying) melalui rational emotive behavior therapy: studi kasus remaja Desa Labulia Kecamatan Jonggat (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Permata, N., Purbasari, I., & Fajrie, N. (2021). Analisa Penyebab Bullying Dalam Kasus Pertumbuhan Mental Dan Emosional Anak. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2).

Penilaian Konseling Kelompok. (2020). (n.p.): Deepublish.

Pontjowulan, H.I.A. Menjadi Guru Hebat, Bukan Sekadar Mengajar. (2022). (n.p.): CV. DOTPLUS Publisher.

Puluhulawa, M., Djibran, M. R., & Pautina, M. R. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Pengaruhnya terhadap Self-Esteem Siswa. In Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017 (pp. 301-310).

Purwanti, S. H. (2021). Kekerasan seksual pada perempuan: solusi integratif dari forensik klinik. Indonesia: Rayyana Komunikasindo.

Pratama, R., Hardiyono, B., & Pasaribu, A. M. N. (2020). Pengaruh latihan self talk dan imagery relaxation terhadap konsentrasi dan akurasi tembakan 3 angka cabang olahraga bolabasket. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 47-56.

Rasimin, M. P., & Hamdi M (2021). Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bumi Aksara.

Ramadhan, M. S., Mutiari, Y. L., Arin, M. Z., Irsan, I., & Utama, M. (2021). Analisis Hukum Upaya Penanggulangan Tindakan Perundungan bagi Sisa-siswi SMK Bina Latih Karya, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 29-38.

Ristianti, D. H., & Fathurrochman, I. (2020) Penilaian Konseling Kelompok. Deepublish, Yogyakarta.

Rosen, L. H., DeOrnellas, K., Scott, S. R. (2017). Bullying in School: Perspectives from School Staf, Students, and Parents. Texas: Springer

Siahaan, Dina Nadira Amelia. "Konseling kelompok dengan pendekatan REBT untuk meningkatkan kepercayaan diri anak korban kekerasan." Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 10.1 (2020): 8-15.

Sukmawati, I., Neviyarni., Kaneli, Y., & Netrawati, N. (2019). Penilaian dalam Konseling Kelompok Gestalt. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(1)

Sucipto, S. (2016). Bullying dan Upaya Meminimalisasikannya. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal bimbingan dan konseling, 1(1)

Suara Psikologi: Untuk Insan Indonesia. (2019). (n.p.): Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Sarwono, jonathan (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif.

Sugiono. (2015). Statistik Untuk Penelitian: Alfabeta.

Tang, I., Supraha, W., & Rahman, I. K. (2020). Upaya mengatasinya perilaku perundungan pada usia remaja. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(2), 93-101.

Theodore, W., & Sudarji, S. (2020). Faktor-Faktor Perilaku Perundungan pada Pelajar Usia Remaja di Jakarta. Psibernetika, 12(2).

Ulfa, M., & Suarningsih, N. K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kapontori. Psikologi Konseling, 12(1).

Utami, N. P. (2022). The Art Of Self Talk-ing. Elex Media Komputindo.

Wahyuni, N. (2022). Penerapan Teknik Self Talk untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di SMP Negeri 18 Makassar.

Wiyani, Novan Ardy. "Save our children from school bullying." Jogjakarta: Ar-Ruzz Media 129 (2012).

Yusuf, A., & Haslinda, H. (2019). Implementasi Teknik Self Talk Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Tangkep. Dikdas Matappa, 2(1), 158-166.

Zulaifi, R. (2022). Efektifitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self Talk untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Akademik Siswa Kelas X SMKN 2 Mataram. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 1718-17


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wahyu Afifaturrohmah, Ibnu Mahmudi, Diana Ariswanti Triningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.