Pengaruh Media Let’s Read Terhadap Kemampuan Literasi Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesai Siswa Kelas IV

Ulifa Khoiru Nikmatul Azwani, Fauzatul Ma’rufah R, Soeprijadi Djoko Laksono

Abstract


Penelitian ini dilandaskan pada hasil temuan berupa fakta rendahnya kemampuan literasi digital peserta didik di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sampung, terutama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kendala ini berkaitan dengan kurangnya pendukung media dalam aktivitas literasi. Menghadapi tantangan ini, strategi yang dapat diadopsi guru untuk memanfaatkan media dalam meningkatkan literasi adalah menggunakan perpustakaan digital Let’s Read. Keberadaan Let’s Read membantu guru dengan menyediakan fitur-fitur dan bahan bacaan yang menarik, mendorong minat dan antusiasme siswa dalam membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak penggunaan media Let’s Read terhadap kemampuan literasi digital dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun metode dalam penelitian ini yakni metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian melibatkan seluruh siswa kelas IV di SDN 03 Carangrejo, yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode sampling jenuh karena jumlah populasi yang terbilang kecil. Data diperoleh melalui kuisioner/angket terkait kemampuan literasi digital, dan dianalisis menggunakan teknik tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) dari dua data uji paired sample t-test adalah 0,000. Dari informasi tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa adanya perbedaan yang sangat signifikan antara nilai rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi media Let's Read secara signifikan berkontribusi pada peningkatan kemampuan literasi siswa kelas 4 di SDN 03 Carangrejo.


Keywords


literasi digital; Let’s Read; mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Renika Cipta.

Dinata, K. B. (2020). Problematika pembelajaran daring mata kuliah Geometri Transformasi di masa pandemi COVID-19. Eksponen, 10(2), 50-58. https://doi.org/10.47637/eksponen.v10i2.296.

Dinata, K. B. (2016). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada materi Relasi dan Fungsi siswa kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Lampung Utara tahun pelajaran 2015/2016 ditinjau dari kreativitas belajar Matematika. Disertasi: Universitas Sebelas Maret. Tidak dipublikasikan.

Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A. M. (2020). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28-37.

Elpira, B. (2018). Pengaruh penerapan literasi digital terhadap peningkatan pembelajaran siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Disertasi: UIN Ar- Raniry Banda Aceh. Tidak dipublikasikan.

Fadila, R., Nadiroh, T., Juliana, R., Zulfa, P., & Ibrahim, I. (2021). Kemandirian belajar secara daring sebagai prediktor hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 880-891. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.457.

Fatmawati, E., & Safitri, E. (2020). Kemampuan literasi informasi dan teknologi mahasiswa calon guru menghadapi pembelajaran di era revolusi industri 4 Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 214-224. http://dx.doi.org/10.31571/ edukasi.v18i2.1863.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ulifa Khoiru Nikmatul Azwani, Fauzatul Ma’rufah R, Soeprijadi Djoko Laksono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.