Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas VII-D SMPN 4 Pacitan

Rila Puspitasari, Dahlia Novarianing Asri

Abstract


Sekolah adalah Pendidikan formal, tempat dimana siswa menimba ilmu dan mengembangkan potensi, menunjukkan bakat dan minat yang dimiliki, tempat pengekspresian diri, serta sebagai tempat mempelajari pelajaran yang tidak bisa didapat dari rumah. Sekolah menjadi waktu dan wadah bagi anak untuk belajar, bermain, dan berinteraksi dengan lingkungan dan teman-temannya disekolah. Interaksi sosial adalah faktor penting dalam kegiatan belajar siswa karena dengan interaksi sosial dapat menunjang tercapainya tujuan belajar. Peserta didik diharapkan dapat berkomunikasi dengan baik dan bisa berfikir secara rasional dalam proses interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial peserta didik kelas VII-D SMPN 4 PACITAN. Metode pengumpulan data menggunakan penelitian kualitatif dengan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial peserta didik kelas VII-D SMPN 4 Pacitan dengan teman sebaya, dengan guru dan juga dengan seluruh warga sekolah terjalin dengan baik.


Keywords


Interaksi Sosial, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Astuti, dkk. (2019). Studi Deskriptif Interaksi Sosial Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Pendidikan berdasarkan Keterlibatan Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1(2), 29- 38.

Na’imah, dkk. (2016). Gambaran Permasalahan Sosial Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Insight, 5(1), 58-65.

Nasution, E. S. (2017). GAMBARAN SCHOOL REFUSAL PADA ANAK. JURNAL PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN SDM, 6(1). Ollendick, T. H., White, S. W., & White, B. A. (2018). The Oxford Handbook Of Clinical Child Psychology.

Pelly dkk. Teori Sosial Budaya. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Ratna, N. K. 2010. Metodologi Penelitian: Kajian Sosial Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setiadi, Elly M. dan Kolip Usman. 2011. Pengantar Sosiologi: pemahaman fakta dan gejala permasalahan sosial: teori, aplikasi, dan pemecahannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D, dan Penelitian Pendidikan) (3rd ed). Penerbit Alfabeta.

Yuliati, Yayuk. 2003. Sosiologi Pedesaan. Yogyakarta: Lappera Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rila Puspitasari, Dahlia Novarianing Asri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.