Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbantuan Media Word Search Puzzle

Hartuti Hartuti, Octarina Hidayatus Sholikhah, Satdewo Satdewo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang didukung Media Pencarian Kata atau Word Search Puzzle di Sekolah Dasar Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilaksanakan selama dua siklus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan media Word Search Puzzle. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Dempelan 02 dengan jumlah 7 siswa yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Adapun data penelitian dikumpulkan melalui teknik nontes yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh pada siklus I sebesar 57% yang terdiri 4 siswa dengan kategori tuntas dan 3 siswa tidak tuntas dengan persentase yaitu 43%. Dengan hasil Siklus II ketuntasan kemampuan berfikir kritis siswa meningkat yaitu menjadi 86% dengan 6 siswa dengan kategori tuntas dan persentase 14% dengan kategori tidak tuntas yaitu 1 siswa. Dari sini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Media Word Search Puzzle dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


Berfikir Kritis; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Media Word Search Puzzle

Full Text:

PDF

References


Ardiyanti, H., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Puzzle. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 29–33. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5191

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Barokah, S., Badarrudin, B., & Iswasta Eka, K. (2020). Penggunaan Pembelajaran STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 149. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24776

Ermin1, T., & Marsaoly2, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Multietnis di SMP Negeri Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 486–494. https://doi.org/10.5281/zenodo.5781366

Gemilang, mamil. (2021). Implementasi Pembelajaran Kooperative Tipe Students Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Mamil Gemilang. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(1), 1–10.

Hidayah, C., & Purwanti, K. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD ( Student Team Achievement Division ) Berbantuan Media Animaker. Jurnal Sekolah Dasar, 7(September), 160–172.

Kholifatur Rosidah, & Agung Purwono. (2022). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Word Search Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Muatan IPA Materi Siklus Hidup di MI Setia Bhakti Trawas. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(2), 191–199. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.309

Ningsih, E. D. R., & Wulandari, R. N. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar serta Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4828–4838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.3073

Pamungkas, P. W. G., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Word Search Puzzle Berbasis Android pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X pada Saat Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4363–4373. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1464

Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2021). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 5 Nomor 2 Maret 2021 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 IMPROVING CRITICAL THINKING ABILITY THROUGH MAKE A MATCH MODEL ASSISTED BY PUZZLE MEDIA AT ELEMENTARY SCHOOLS PENINGKATAN KEMAMPU. 5, 484–495.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. 21. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Shofiyyatunnisa, A., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Model Student Team Achievement Division (Stad) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Segiempat. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 20–30. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i1.269

Siregar, E. S., Makmur, A., & Hasibuan, E. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Kemmapuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas Viii-2 Smps Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan. PeTeKa, 3(2), 192–202.

Twiningsih, A., Retnawati, H., & Cahyandaru, P. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran IPA pada siswa Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol. 6, No. 2, 2022, Pp. 59-69, 6(2), 59–69.

Usman, M., Dini, I., & Ramlawati. (2021). Pengaruh media word search puzzle melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar dan sikap kimia siswa kelas x sman1 tanete rilau (studi pada materi pokok hidrokarbon). ChemEdu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia), 2(3), 87–97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hartuti Hartuti, Octarina Hidayatus Sholikhah, Satdewo Satdewo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.