Pembelajaran Materi Dongeng Melalui Media What’s In The Box Pada Siswa Kelas V SDN Madiun Lor 01

Yunita Nur Fitriyani, Candra Lingga Pramesty, Dhevitha Indriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media What’s In The Box pada siswa kelas V SDN Madiun Lor 01 dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa materi pembelajaran dapat dipahami dengan baik oleh siswa dengan menggunakan media tersebut. Siswa menjadi lebih bersemangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Media What’s In The Box ini dapat digunakan berulang kali bahkan bisa digunakan untuk pembelajaran materi lainnya. Namun, pada bagian lembar dongeng hanya dapat digunakan beberapa kali karena berbahan kertas hvs dan tampilannya kurang menarik. Simpulan dari penelitian ini bahwa media what’s In The Box cukup membantu dalam proses pembelajaran khususnya untuk siswa kelas V SDN Madiun Lor 01.


Keywords


Media Pembelajaran, Media What’s In The Box, Pembelajaran Dongeng

Full Text:

PDF

References


Nurti, K., & Regar, B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Dongeng Kelas I SDN 115 Pekanbaru. 3, 2998–3008.

Krisanti, R. Y., Suprihatien, S., & Suryarini, D. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 24. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.918

Qulub, T., & Renhoat, S. F. (2019). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Proceedings SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–146. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7226/4454

Mumpuni, A., & Supriyanto, A. (2020). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 88–101. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p088

Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 59–66. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index

Hijjah, N., & Bahri, S. (2022). EduGlobal : Jurnal Penelitian Pendidikan Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerpen di Kelas V SD Negeri 064970 Medan Denai. Edu Global Jurnal Penelitian Pendidikan, 01, 24–32. https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1153

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Dwi Cahyani, I., Nulhakim, L., & Yuliana, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Dongeng Fabel Terhadap Minat Literasi siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 337. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35271


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yunita Nur Fitriyani, Candra Lingga Pramesty, Dhevitha Indriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.