Studi Literatur Penerapan Layanan Konseling Kelompok untuk Mereduksi Kecanduan Gadget Siswa

Aulendia Eka Shendy Ivensantira, Rischa Pramudia Trisnani, Asroful Kadafi

Abstract


Gadget merupakan sebuah perangkat elektronik yang memiliki tujuan dan fungsi praktis terutama untuk membantu pekerjaan manusia. Tetapi semakin tinggi intensitas pemakaian gadget menjadi sulit dikontrol sehingga bertendensi untuk mengalami kecanduan gadget. Kecanduan gadget atau nomophobia merupakan sebuah ketakutan atau rasa cemas yang timbul akibat ponsel atau internet berada jauh dari jangkauan pemiliknya, serta tidak tersedianya perangkat seperti komputer atau perangkat komunikasi virtual lainnya. Akibat dari kecanduan gadget dapat memunculkan masalah fisik yaitu mata kering, nyeri punggung karena terlalu lama duduk di depan komputer atau laptop, kebersihan yang terabaikan serta gangguan pola tidur. Dilihat dari dampak dan sisi negatif kecanduan gadget, maka diperlukannya suatu penanganan agar dapat membantu menuntaskan permasalahan tersebut. Salah satu layanan yang dapat diberikan kepada siswa yang mengalami kecanduan gadget adalah konseling kelompok. Konseling kelompok merupakan suatu upaya pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan dalam suasana kelompok yang bersifat pencegahan dan penyembuhan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Studi Literature Review. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dari beberapa artikel dan jurnal terkait layanan konseling kelompok untuk mereduksi kecanduan gadget dan kemudian dianalisis. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang menggambarkan kecanduan gadget pada siswa ini menunjukkan bahwa tingkat kecanduan gadget pada siswa masih cukup tinggi.


Keywords


Kecanduan Gadget, Konseling Kelompok

Full Text:

PDF

References


Amri, Y., & Rusman, A. A. (2023). Upaya Mengatasi Penyalahgunaan Gadget Dalam Proses Belajar Mengajar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 132-143.

Arami, M. W., & Nuryati, T. (2022). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia Volume 8 Nomor 2 Tahun 2022

Aviva, L., Muhammad, D. H., & Halili, H. R. (2022). Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Siswa SMP Islam Hikmatul Hasanah Kecamatan Tegalsiwalan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(1), 478-489.

Erika, E., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2021). Literatur Review : Penerapan Sintaks Model Pembelajaran Problem Solving Pada Kurikulum 2013. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 147–153.

Mulyani, M., & Jafar, J. (2022). Layanan Konseling Kelompok Berbasis IT pada Peserta Didik SD untuk Menurunkan Tingkat Penggunaan Gadget Freak di Era Study Frome Home. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(2), 130-136.

Musannadah, F. (2021). Efektivitas Konseling Kelompok Untuk Mereduksi Kecanduan Gadget Siswa MTs Misbahul Falah Pati. Guiding World (Bimbingan dan Konseling), 4(2), 48-55.

Novitasari, N. (2019). Strategi pendampingan orang tua terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167-188.

Rahmadesti, A. D., Barida, M., & Susilowati, N. (2022). Upaya Mengurangi Gadget Addiction Melalui Konseling Kelompok Pendekatan Solution Focus Brief Counseling Pada Siswa Kelas VIII SMP 4 Pangkalpinang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 920-923.

Rasimin, Hamdi M. 2018. Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Salma, N. A., & Prasetiawan, H. (2021). Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Teknik Selfmanagement untuk Mereduksi Kecanduan Gadget. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Sari, R. H., Budiyanto, B., & Naqiyah, N. (2021). Penerapan Konseling Behavioristik dengan Teknik Self Management untuk Mereduksi Perilaku Adiksi Sosial Pengguna Gadget pada Peserta Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 131-139.

Sartika, D., Hartanto, D., & Fauziah, M. (2022). Upaya Mengurangi Nomophobia Melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy (REBT) Teknik Self Management. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 77-86.

Sumarni, N., Sartinah, E. P., & Purwoko, B. (2023). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENGURANGI SISWA KECANDUAN GADGET DI MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM WARU. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(1), 275-285.

We Are Social & Hootsuite. (2021). Digital 2021. Global Digital Insights, 103.

Wirati, R. A. P., Dharmayana, I. W., & Herawati, A. A. (2022). Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Kontrol Diri untuk Mengendalikan Kecanduan Internet. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 5(2), 188-196.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aulendia Eka Shendy Ivensantira, Rischa Pramudia Trisnani, Asroful Kadafi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.