Peningkatan Literasi Numerasi Kelas 5 SDN Taji Dalam Kegiatan Penanaman Toga

Yurisa Dwi Aprilia Ningtias, Elly Astuti

Abstract


Tanaman Obat Keluarga (TOGA) adalah tanaman yang biasanya digunakan untuk bumbu dapur dan sebagai obat tradisional. Program penanaman TOGA di SDN Taji bertujuan untuk meningkatkan literasi numerasi melalui kegiatan diluar kelas. Metode yang digunakan dalam menjalankan program ini adalah menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Hasil dari pelaksanaan program penanaman tanaman TOGA adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penanaman TOGA dan juga membentuk karakter profil pelajar Pancasila yang peduli terhadap lingkungan.


Keywords


TOGA, Obat, Literasi numerasi

Full Text:

PDF

References


Ahwan, Z., & Hasyim, M. (2020). Zainul Ahwan , Pendampingan Gerakan Pendidikan Lingkungan di 12 Lembaga Pendidikan Dasar ( SD & MI ) di Area Pendukung Kawasan Konservasi Kebun Raya Purwodadi Kabupaten Pasuruan Universitas Yudharta Pasuruan. JURNAL SOEROPATI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Apriyanti, E., & Alang, H. (2023). Edukasi Tanaman Obat Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Booklet TOGA. MALEBBI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pemanfaatan, 1(1), 13–19.

Ariani, L., Miftahurrohmah, N., & Winarti, W. (2020). Peningkatan Pengetahuan tentang Tanaman Obat Keluarga kepada Siswa Sekolah Dasar melalui Konseling, Flash Card, dan Berkebun Bersama. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 6(1), 63. https://doi.org/10.22146/jpkm.52576

Fadhilah, M. N. (2022). Peran Kegiatan Green Lab Dalam Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Alam. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 161–174. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.528

Harniawati, D., & Widya, T. Y. (2014). Edukatif Tentang Penerapan Hidup Sehat Pada Sekolah Dasar di Kediri. Prosiding Seminar Nasional Biologi, XI, 1084–1087.

Julianti, T. B., & Ressandy, S. S. (2020). Program Edukasi “TOLUNI” (Tanaman Obat Keluarga Usia Dini) di SDN 015 Kota Samarinda. Abdi Geomedisains, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.23917/abdigeomedisains.v1i1.97

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, D. T. (2021). MODUL LITERASI NUMERASI DI SEKOLAH DASAR.

Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-

Mardiana, N., & Subaidah, W. A. (2022). Sosialisasi penanaman dan pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA). INDRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 31–34. https://doi.org/10.29303/indra.v3i2.161

Maulana, F., & Aziz, J. A. (2022). Urgensi Penanaman Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(01), 1–12. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i01.690

Munahefi, D. N., Lestari, F. D., & Kharisudin, I. (2023). Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Pembelajaran Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Vol. 6, 663–669.

Munawaroh, S., Wilis, M. M. S., & Arum, S. M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Melestarikan Budaya Literasi Serta Tanaman Toga. Jurnal Abdidas, 1(6), 729–734. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.149

Nurjanah, A., & Wahyudi. (2022). IMPLEMENTASI PEMANFAATAN OUTDOOR STUDY UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SDN 02 SENDANG. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1320. http://eprints.umpo.ac.id/7091/3/ARTIKEL ILMIAH.pdf

Panggabean, M., Ichwan, M., Yulfi, H., & Yosi, A. (2020). Pemberdayaan Guru Dan Siswa Sekolah Dasar Dalam Memanfaatkan Lahan Sekolah Sebagai Sumber Tanaman Obat Keluarga. TALENTA Conference Series: Agriculturan & Natural Resource (ANR), 3(2), 139–142. https://doi.org/10.32734/anr.v3i2.960

Rahmawati, Z. N. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Bagi Masyarakat Desa Sukowilangun Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang. At-Tamkin: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 51–59. http://ejournal.uniramalang.ac.id/attamkin/

Rokhmah, U. N., & Munir, M. (2021). Implementasi Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 63. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i1.5314

Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yurisa Dwi Aprilia Ningtias, Elly Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.