Studi Literatur Hubungan Verbal Abuse dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Agresif Pada Remaja

Rahma Putri M. Wies Hanif, Ibnu Mahmudi, Noviyanti Kartika Dewi

Abstract


Verbal Abuse tindakan yang tidak menyenangkan dan dapat menimbulkan dampak emosional yang merugikan. Kekerasan verbal dalam suatu kelompok yang dilakukan secara kontinu dapat memunculkan agresifitas dalam kelompok. Bahkan kecenderungan kelompok yang bertujuan agar memiliki kesamaan pola perilaku dan keyakinan menjadi penentu pokok dalam kehidupan sosial remaja tanpa mempertimbangkan perilaku negatif dan positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prevalensi verbal abuse, konformitas teman sebaya dan perilaku agresif remaja di Indonesia serta bagaimana hubungan ketiga variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan kajian kepustakaan melalui laman google scholar dengan kata kunci verbal abuse, konformitas teman sebaya, dan perilaku agresif pada remaja. Studi literatur ini menggunakan berbagai sumber publikasi ilmiah yang difokuskan terhadap Hubungan serta kondisi variabel penelitian. Hasil studi menunjukkan adanya hubungan verbal abuse dan perilaku agresif sebesar 65,1% (verbal abuse) dan 74,4% (perilaku agresif). Perilau verbal abuse yang sering dilakukan meliputi membentak, memarahi, merendahkan anak. Hasil stud juga menunjukkan adanya hubungan konformitas teman sebaya dan perilaku agresif dengan kategori sebesar 67.59% pada tingkatan “Tinggi.  Dengan demikian, setiap variabel penelitian memiliki keterkaitan satu dengan lainnya. Penelitian ini dimanfaatkan sebagai pengembangan keilmuan dan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi agar tidak melakukan tindak kekerasan.


Keywords


Perilaku Agresif, Konformitas Teman Sebaya, Verbal Abuse, Remaja

Full Text:

PDF

References


Armiyanti, I., Aini, K., & Apriana, R. (2018). Pengalaman verbal abuse oleh keluarga pada anak usia sekolah di kota semarang. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(1), 12-20.Balgies, Soffy. 2021. Desain Intervensi Psikologi Merancang Pelatihan dan Kegiatan Harian. (n.d.). (n.p.): Zifatama Jawara.

Fitriyani, A., & Widayanti, E. D. (2020). Perilaku Verbal Abuse Orang Tua Dan Agresifitas Remaja. Jurnal Keperawatan Mersi, 9(1), 5-14.

Isnaeni, P. (2021). Konformitas Terhadap Perilaku Agresif Pada Remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 121-128.

Ladapase, E. M., & Novianti, C. (2020). Pengaruh Verbal Abuse Orangtua dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Pada Remaja di SMP Katolik Virgp Fidelis Maumere. Media Bina Ilmiah, 15(2), 3941-3952.

Matulessy, A. Perilaku agrasi pada remaja anggota pencak silat: menguji peranan konformitas teman sebaya pada perilaku agresi.

Mien, M. (2017). Hubungan Antara Verbal Abuse Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja Di Smpn 1 Kulisusu Utara. TERAPEUTIK JURNAL: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan dan Kedokteran Komunitas, 3(02), 53-60.

Nazhifah, N. (2017). Pengaruh Verbal Abuse, Kualitas Komunikasi Orang Tua dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Agresif Remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(3), 262-274.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.

Sapitri, I. (2021). Hubungan Antara Verbal Abuse Orangtua Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja Di SMAN 14 Kabupaten Tangerang. Nusantara Hasana Journal, 1(7), 107-116.

Yanizon, A. (2019). Penyebab munculnya perilaku agresif pada remaja. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 6(1).

Yuwinda, R., Sutja, A., & Yusra, A. (2022). Pengaruh Konformitas terhadap Perilaku Agresif Verbal Siswa Kelas IX di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 5307-5316.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahma Putri M. Wies Hanif, Ibnu Mahmudi, Noviyanti Kartika Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.