Peningkatan kemampuan menulis surat resmi dengan metode Reward di kelas VII F SMP Negeri 2 Ponorogo

Ariza Hasna Pangestika, Endang Sri Maruti, Titik Indrayati

Abstract


Penelitian ini menganalisis tentang bagaimana meningkatkan kemampuan menulis surat resmi dengan metode rewad di kelas VII F SMPN 2 Ponorogo. Latar belakang penelitian ini yaitu kesulitan siswa dalam menulis surat resmi. Penelitian ini mempunyai  tujuan  yaitu  meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan unsur-unsur surat resmi, membedakan kata baku dan tidak baku, dan merancang surat resmi dengan metode reward di kelas VII F SMPN 2 Ponorogo. Pendekatan atau metode penelitian ini menggunakan penelitian menggunakan kualitatif dengan penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Ponorogo dengan subjek yaitu siswa kelas VII F yang berjumlah 32 anak. Data diperoleh dengan Teknik observasi dan dokumentasi. Akhir dari kesimpulan ini yaitu dengan menggunakan metode reward dapat meningkatkan kemampuan menulis surat resmi di kelas VII F SMPN 2 Ponorogo.


Keywords


Menulis, Surat, Metode Reward

Full Text:

PDF

References


Noor Syafiq Hakim. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (budaya literasi dalam pembelajaran bahasa), 35–41. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/20226

Haris, N., Maryam, S., & Mukhlisa, N. (2021). Penerapan Metode Reward And Punishment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Kabupaten Barru. Pinisi Journal of Education, 1(2), 132–143.

Syaifudin. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab)‎. Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17.

Trismanto. (2017). Keterampilan Menulis dan Permasalahannya. Bangun Rekaprima, 03(9), 62–67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ariza Hasna Pangestika, Endang Sri Maruti, Titik Indrayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.