Hubungan Sikap Peduli Lingkungan Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SDN 01 Taman

Kasih Septin Pangestu, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan sikap peduli lingkungan dengan hasil belajar ipa siswa kelas 3 SDN 1 . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SDN 01 Taman Jl. Kemiri No. 01 Taman, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur. Kami melakukan observasi di kelas 3. Kelas ini memiliki 21 siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain korelasional Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi kuisioner atau angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif, data yang akan diperoleh berupa rata-rata (Mean), standar deviasi (SD), nilai maksimum, nilai minimum, selisih nilai maksimum dengan nilai minimum (Range), dan jumlah skor total (Sum).


Keywords


sikap peduli lingkungan, hasil belajar ipa

Full Text:

PDF

References


Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94–104. https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207

Hodge, P. W., Skelton, B. P., & Ashizawa, J. (2004). And VII. An Atlas of Local Group Galaxies, 415–416. https://doi.org/10.1007/0-306-47818-8_42

Indra, W., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(1), 59–66. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8654

Ithof, M. (2019). Artikel peduli lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 2(11), 0–9.

Muakhirin, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 01, 51–55. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/viewFile/2933/2453

Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266

Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index%0APENGARUH

Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusdi, L. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Guna Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2231

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11. https://doi.org/10.21009/jpd.061.02

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 207–212. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3382%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3382/2182

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & S., M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah. Prosiding, 1(1), 1–5. https://www.researchgate.net/publication/338713765_Pengaruh_Daring_Learning_terhadap_Hasil_Belajar_IPA_Siswa_Sekolah_Dasar

Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran ipa terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “konservasi” berpendekatan science-edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 140–145. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3113

Yanti, Y., & Yusliani, E. (2020). Meta-Analisis: Pengaruh Integrasi Pendidikan Lingkungan dalam Pembelajaran IPA Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9–16.

Yuninda, W., & Lazim, N. (2019). PRIMARY : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Volume 8 Nomor 1 April 2019 PRIMARY : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Volume 8 Nomor 1 April 2019. 8(14), 66–73.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kasih Septin Pangestu, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.