Nilai-Nilai Karakter Dalam Seni Karawitan (Studi Deskriptif pada Unit Kegiatan Mahasiswa PGRI Madiun)

Ria Ayu Cahyaning Utami, Tyas Martika Anggriana, Suharni Suharni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terdapat pada seni karawitan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik snowball sampling pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Karawitan Universitas PGRI Madiun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 5 nilai karakter dalam seni karawitan, yaitu: 1) Nilai Kesopanan, 2) Nilai tanggungjawab, 3) Nilai gotong royong, 4) Nilai kebersamaan, dan 5) Nilai toleransi. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Karawitan Universitas PGRI Madiun selain sebagai sarana pengekspresian diri mahasiswa juga menandung nilai-nilai karakter yang dapat digunakan untuk membentuk karakter mahasiswa.


Keywords


Nilai karakter, karawitan, unit kegiatan mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Asmani, J.M. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Daryanto, Joko. 2017. Pendidikan Karakter Dalam Seni Karawitan. Inovasi Pendidikan: Bunga Rampai Kajian Pendidikan Karakter, Literasi, dan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Abad 21.

Endraswara, S. (2008). Laras Manis: Tuntunan Praktis Karawitan Jawa. Yogyakarta: Kuntul Press.

Jatilinuar, S. R. K. 2020. Representasi Local Wisdom Dalam Karawitan Melalui Lagu Garuda Pancasila Sebagai Upaya Memperkuat Identitas Bangsa Di Kalangan Pemuda-Remaja. Jurnal Pengetahuan,Pemikiran, dan Kajian Tentang “Bunyi”. 20 (1).

Kaawoan, Selviyanti. (2014). Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Perilaku Toleran Pada Warga Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo : TADBIR Vol 2.

Ningsih, C. Y. 2018. Gotong Royong dalam Novel Sekali Peristiwa di Banten Selatan Karya Pramoedya Ananta Tour dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. SKRIPSI. UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan. 9 (3), 464-468.

Sarwono, S. W. (2003). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Semiawan, Conny, 2006. Pendidikan Seni dalam Pendidikan Nasional, Bandung: APSI.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ria Ayu Cahyaning Utami, Tyas Martika Anggriana, Suharni Suharni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.