Dampak Keluarga Broken Home terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas 2 SDN 01 Taman

Khoirun Amala, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) proses belajar dari siswa broken home; (2) hasil belajar tematik siswa broken home;. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang dilakukan di SDN 01 Taman. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis berdasarkan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa dari keluarga broken home dapat mengalami gangguan akademik karena beberapa hal, antara lain (1) kurang konsentrasi saat belajar dan (2) kurangnya keinginan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. (3) Kurangnya dorongan dan dorongan orang tua. Dampak dari gangguan akademik: (1) Kurangnya minat belajar (2) Kurang fokus (3) Kurang motivasi belajar (4) Kurangnya pemahaman materi (5) Keterlambatan menyelesaikan tugas (6) Kurangnya partisipasi aktif dalam pembelajaran (7) Menurunnya kemampuan untuk melakukan tugas (8) Tingkat kehadiran yang rendah (9) Hasil belajar yang tidak memadai (10) Perilaku negatif


Keywords


anak broken home; hasil belajar; pembelajaran tematik.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, M. Pd. 2016. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

AIZID, RIZEM. 2018. FIQH KELUARGA. KE-1. diedit oleh Rahman. Laksana.

Altieri, Miguel, Clara Nicholls, Manuel González De Molina, Roberto Ugas, Programa Midas, dan V. Ernesto Méndez. 2015. Penelitian Pendidikan.

Ardilla, dan Nurviyanti Cholid. 2021. “Pengaruh broken home terhadap anak.” Studia: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa 6(1):1–14.

Arif Amiruddin Jabbar, Muhammad. 2014. “Analisis Visual Kriya Kayu Lame Di Kampung Saradan Desa Sukamulya Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang.” 38–40.

Aufar Zulfahmi, Edgar, dan Masturi Masturi. 2020. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Kaliwungu Kudus.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar V(Vol 5 Nomor 2 Desember 2020):176–86. doi: 10.23969/jp.v5i2.3058.

BKKBN. 2013. Buku Pegangan Kader Tentang Delapan Fungsi Keluarga. Jakarta: Direktorat Bina Ketahan Remaja.

Budiman, Arief, K. E. P. Ns, Fitroh Asriyadi, K. E. P. Penerbit Cv, dan Pena Persada. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.” Jurnal Paradigma Ekonomika 12(1):20.

Desy Irsalina Savitri, I Nyoman Sudana Degeng, Sa’dun Akbar. 2016. “PERAN KELUARGA DAN GURU DALAM.” (2015):2014–17.

Esnaweiyati. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar Tematik Sub Tema Tugasku Sehari-Hari Di Rumah Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Siswa Kelas Ii Di Sdn 16 Buntok.” Jurnal Mitra Pendidikan 2(10):1063–77.

Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami desain metode penelitian kualitatif.” Humanika 21(1):33–54. doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.

Fatiha, Maulidya Cahya. 2022. DAMPAK KELUARGA BROKEN HOME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 10 TANGERANG SELATAN ANGKATAN 2019. Jakarta: UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.

Hadi, Sumasno. 2016. “Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi.” Jurnal Ilmu Pendidikan 22(1):76.

Hafiza, Sarah, dan Marty Mawarpury. 2018. “Pemaknaan Kebahagiaan oleh Remaja Broken Home.” Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 5(1):59–66. doi: 10.15575/psy.v5i1.1956.

Hidayah, Nurul. 2015. “Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar.” Ejournal.Radenintan.Ac.Id 2:33–49.

Malawi, Ibadullah, dan Ani Kadarwati. 2017. PEMBELAJARAN TEMATIK (KONSEP DAN APLIKASI). Ke-2. Magetan: CV.AE Media Grafika.

Massa, Nurtia, Misran Rahman, dan Yakob Napu. 2020. “Dampak Keluarga Broken Home Tehadap Perilaku Sosial Anak.” Jambura Journal of Community Empowerment 1–12.

Maula, Tri Ning Dian, Muhammad Sulistiono, dan Lia Nur Atiqoh Bela Dina. 2022. “Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mi Cemorokandang.” Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4:287–95.

Miles, Mathew B., A. Michael Huberman, dan Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. “Mulyarto. Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode metode baru.”

Moleong, Lexy J. 2014. “Metode penelitian kualitatif edisi revisi.” Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mone, Harry Ferdinand. 2019. “Dampak perceraian orang tua terhadap perkembangan psikososial dan prestasi belajar.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 6(2):155–63. doi: 10.21831/hsjpi.v6i2.20873.

Muklis, Mohamad. 2012. “PEMBELAJARAN TEMATIK.” IV(20):63–76.

Muttaqin, Imron, dan Bagus Sulistyo. 2019. “Analisis Faktor Penyebab Dan Dampak.” Jurnal Raheema:Jurnal Studi Gender dan Anak 6 No.2:245–56.

Nilamsari, Natalina. 2014. “Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif.” Wacana 13(2):177–81.

Novianto, Roy, Amrazi Zakso, dan Izhar Salim. n.d. “ANALISIS DAMPAK BROKEN HOME TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA.” 1–8.

Nur, Selviana Sasmiati, dan Iska Noviardila. 2021. “Kajian Literatur Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu.” Journal of Education Research 2(1):1–5. doi: 10.37985/jer.v2i1.38.

PERMATA SARI, DINDA. 2021. DAMPAK KELUARGA BROKEN HOME TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SD AL-WASHLIYAH 25 MEDAN MARELAN. Medan: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Ruli, Efrianus. 2020. “Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak.” Jurnal Edukasi Nonformal 1(1):143–46.

Rusni, Irza, dan Irda Murni. 2022. “Dampak Keluarga Broken Home terhadap Motivasi Belajar Siswa.” 6:10896–99.

Saputri, Resti, Nintin Nurlela, dan Yuyun Elizabeth Patras. 2020. “Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika.” JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar 3(1):38–41. doi: 10.33751/jppguseda.v3i1.2013.

Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, Dr. 2013. “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.”

Sukayati, dan Sri Wulandari. 2009. “Pembelajaran Tematik di SD.” Departemen Pendidikan Nasional 53(9):1689–99.

Sukoco, KW, Dino Rozano, dan Tri Sebha Utami. 2016. “Pengaruh broken home terhadap perilaku agresif.” Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling 2(1):38–42.

Sulistiono.Muhammad. 2019. Desain Pendidikan Karakter Kebangsaan. Malang: PT Cita Intrans Selaras.

Suprapti, Zikenia. 2011. “Mengatasi kenalakan remaja pada siswa broken home melalui konseling realita di SMA Negeri 4 Pekalongan.” 1–136.

Wahidin. 2019. “Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar.” Pancar 3(1):232–45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khoirun Amala, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.