Efektivitas Model PBL Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar

Alfina Risanjani, Rissa Prima Kurniawati, Elly’s Mersina Mursidik

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengetahui efektivitas model PBL terhadap hasil belajar matematika kelas IV pada materi bangun datar. Tipe penelitian kuantitatif dengan metode True Eksperimental dengan bentuk Posttest-Only Control Design dipakai dalam penelitian. Sampel penelitian ini adalah 49 siswa kelas IV SDN 01 Manisrejo yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes  dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan uji prasyarat yang diolah menggunakan SPSS. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar matematika siswa kelas IV pada materi bangun datar pada kelas yang diajar menggunakan model PBL dengan kelas yang tidak diajar menggunakan model PBL. Hasil rata-rata posttest kelas eksperimen 77,20 dan kelas kontrol 70,21 dan hasil thitung (2,609) > ttabel (2,021) dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Maka dapat ditunjukkan bahwa model PBL efektif terhadap hasil belajar matematika kelas IV pada materi keliling dan luas bangun datar.


Keywords


Model PBL, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Aprima, D.& Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika SD. 13(1): 95–101.

Arends, R. (2011). Learning to Teach : (online). (https://books.google.com/books/about/Learning_to_Teach.html?hl=id&id=sqJ3cgAACAAJ, diunduh pada 30 April 2023)

Arief, H. S.& Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Problem-Based Learning (PBL ).1(1): 141–50.

Arikunto,S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bara, G.& Xhomara, N. (2020). The Effect of Student-Centered Teaching and Problem-Based Learning on Academic Achievement in Science.Journal of Turkish Science Education 17(2): 182–99.

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 1(2): 113–22.

Mulyanto, H., Gunarhadi&Indriayu, M. (2018). The Effect of Problem Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes Viewed from Critical Thinking Skills.(2013): 37–45.

Murdiana, I. N. (2015). Pembelajaran Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika. (2000).

Ricardo& Meilani, R. I. (2017). Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa ( The Impacts of Students ’ Learning Interest and Motivation on Their Learning Outcomes ).2(2): 188–201.

Septiana, T. S.& Kurniawan, M. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sd Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/ 2017.Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) 1(1): 94.

Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi, Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsudin. (2012). Taraf Kesukaran dan Pola Jawaban Tes (Analisis Butir Soal). Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Fajd

Yew, E. H.J. & Goh, K. (2016). Problem-Based Learning: An Overview of Its Process and Impact on Learning.Health Professions Education 2(2): 75–79. http://dx.doi.org/10.1016/j.hpe.2016.01.004.

Zaduqisti, E. (2010). PROBLEM-BASED LEARNING (Konsep Ideal Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Dan Motivasi Berprestasi). : 181–91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alfina Risanjani, Rissa Prima Kurniawati, Elly’s Mersina Mursidik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.