Subjective Well-Being Lansia di Desa Ngengor Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun

Viky Martnaning Kusuma Aldeni, Tyas Martika Anggriana, Beny Dwi Pratama

Abstract


Subjective well-being (kesejahteraan subjektif) adalah evaluasi individu terhadap hidupnya yang meliputi komponen kepuasan hidup, aspek positif, dan aspek negatif. Subjective well-being bagi lansia merupakan suatu hal yang sangat penting, karena dengan lansia memiliki penilaian kebahagiaan dan kepuasan hidup yang tinggi, maka lansia cenderung bertindak dengan baik dan puas akan kehidupan yang dijalani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana subjective well-being lansia yang sudah tidak memiliki pasangan hidup dilihat dari aspek penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, kemandirian, penguasaan lingkungan, tujuan hidup serta pertumbuhan pribadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi dengan lima subjek penelitian serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Hasil temuan dari penelitian ini diantaranya adalah: pertama, dalam penerimaan diri dua lansia memiliki penerimaan diri yang baik dan tiga lansia memiliki penerimaan diri yang kurang. Kedua, hubungan positif dengan orang lain pada lansia sangat baik. Ketiga, kemandirian lansia menunjukkan kemandirian yang baik dari tiga subjek lansia dan dua subjek lansia memiliki kemandirian yang kurang. Keempat, penguasaan lingkungan pada subjek lansia cukup baik. Kelima, subjek lansia memiliki tujuan hidup yang baik. Keenam, subjek lansia memiliki pertumbuhan pribadi yang cukup baik.


Keywords


Subjective Well-Being, Lansia

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2018). Pelrmasalahan Yang Dialami Lansia Dalam Melnyelsuaikan Diri Telrhadap Pelnguasaan Tugas-Tugas Pelrkelmbangannya. Journal Bimbingan Dan Konselling, Vol.2 No 2.

Ardhani, A. N., & Kurniawan, Y. (2020). Kelbelrmaknaan Hidup pada Lansia Di Panti Wrelda. In Jurnal Psikologi Intelgratif Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga (Vol. 8).

Asniti Karni. (2018). SUBJElCTIVEl WElLL-BElING PADA LANSIA Asniti Karni *. Syi’ar, 18(2), 84–102.

Asri. (2020). Faktor Lingkungan Sosial dan Partisipasi Telrhadap Pelncapaian Kelseljahtelraan Lansia.

Haryati, O., Banon, El., & Rahmawati Jurusan Kelpelrawatan Poltelkkels Kelmelnkels Jakarta III, I. (2022). FAKTOR FAKTOR YANG MElMPElNGARUHI TINGKAT KElMANDIRIAN LANSIA DALAM PElMElNUHAN ADL (ACTIVITY DAILY LIVING).

Irfandi. (2019). Dampak Kelhilangan Pasangan Hidup Telrhadap Sikap Lansia (Studi Panti Sosial Trelsna Welrdha Budi Luhur Kota Jambi) [Skripsi].

Kasturi, T. dan M. Y. (2023). Psikologi Kelbahagiaan (A. Matulelssy, Eld.; pelrtama). Meldia Krelasi.

Oktaviani, R. F. (2018). Relsilielnsi Pada Lansia Laki-Laki yang Ditinggal Mati Pasangan Hidupnya. Skripsi Telrpublikasi.

Pelrmatasari, V., & Gamayanti, W. (2016). Gambaran Pelnelrimaan Diri (Sellf-Accelptancel) Pada. www.delpkels.go.id,

Rodrigo Garcia Motta, Angélica Link, Vivianel Aparelcida Bussolaro, G. del N. J., Palmelira, G., Rielt-Correla, F., Moojeln, V., Roelhel, P. M., Welibleln, R., Batista, J. S., Belzelrra, F. S. B., Lira, R. A., Carvalho, J. R. G., Nelto, A. M. R., Peltri, A. A., Telixelira, M. M. G., Molossi, F. A., del Celcco, B. S., Helnkelr, L. C., Vargas, T. P., Lorelnzeltt, M. P., Bianchi, M. V., … Alfielri, A. A. (2021). Hubungan Fungsi Kognitif Delngan Kualitas Hidup Lansia. Pelsquisa Veltelrinaria Brasilelira, 26(2), 173–180. http://www.ufrgs.br/actavelt/31-1/artigo552.pdf

Rohaeldi, S., Putri, S. T., & Kharimah, A. D. (2016). TINGKAT KElMANDIRIAN LANSIA DALAM ACTIVITIElS DAILY LIVINGDI PANTI SOSIAL TRElSNA WElRDHA SElNJA RAWI. JURNAL PElNDIDIKAN KElPElRAWATAN INDONElSIA, 2(1), 16. https://doi.org/10.17509/jpki.v2i1.2848

Seltyadi, C. D. (2019). Subjelctivel Welll-Beling Lansia yang Tinggal di Griya PMI Surakarta.

Sirbini. (2021). PElNElRIMAAN DIRI LANJUT USIA (LANSIA) TANPA KElLUARGA.

Smith, J. (2009). Psikologi Kualitatif Panduan Praktis Meltodel Riselt. Pustaka Pellajar.

Solelhati, N., & Alwi, M. M. (2021). RElSILITElNSI PADA LANJUT USIIA PElRElMPUAN YANG DIITINGGAL MATI PASANGAN HIDUPNYA DI DElSA MARGOMULYO KElCAMATAN GLElNMOREl BANYUWANGI. Sociocouns: Journal of Islamic Guidancel and Counselling, 1(1). https://doi.org/10.35719/sociocouns.vlix.xx

Sugiyono. (2019). Meltodel Pelnellitian Kuantitatif Kuantitatif dan RND (Kel 2). Alfabelta.

Uraningsari, F. (2016). Pelnelrimaan Diri, Dukungan Sosial dan Kelbahagiaan Pada Usia Lanjut. Jurnal Psikologi Indonelsia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Viky Martnaning Kusuma Aldeni, Tyas Martika Anggriana, Beny Dwi Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.