Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Ludo Pada Siswa Sekolah Dasar

Ninik Indriastutik, Heny Kusuma Widyaningrum, Suyanti Suyanti

Abstract


Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Dukuh 1 Kec. Lembeyan Kab. Magetan, ditemukan pada masalah yang muncul dari rendahnya hasil belajar pada pembelajaran tematik di kelas V yang belum memenuhi KKM. Nilai tertinggi yang ditempuh dalam satu kelas sebesar 80 sedangkan nilai terendah dalam satu kelas sebesar 50. Diperoleh nilai rata-rata dalam satu kelas yaitu 60,5 nilai yang kurang mendekati nilai KKM yang diharapkan yakni sebesar 70 dimana niilai dari KKM itu adalah 70. Sejumlah 20 siswa yang ada, terdapat 5 anak yang nilainya diatas KKM sisanya 15 anak nilainya dibawah KKM. Kurangnya siswa dalam memahami isi dari materi yang terdapat pada pembelajaran tematik menjadi faktor pemicu gagalnya mencapai KKM. Berdasarkan pada hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran tematik kelas V SDN Dukuh 1 Lembeyan, Magetan menunjukkan terdapat nilai yang masih dalam rentangan   cukup. Dilihat dari penugasan siswa sebagai evaluasi masih terdapat siswa yang mendapat nilai kurang, selain itu masih banyak siswa mendapatkan nilai cukup dan hanya beberapa siswa mendapat nilai baik atau sangat baik. Sehubungan dengan masalah siswa kelas V di SDN Dukuh 1 Lembeyan, Magetan ditemukan adanya solusi untuk mengetahui hasil belajar tematik siswa  yakni dengan menerapkan model pembelajaran yang efektif. Model pembelajaran yang mampu digunakan dalam menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan model PBL.


Keywords


Hasil belajar tematik; media PBL; media ludo

Full Text:

PDF

References


Astutik, P. P. (2013). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter ( Ppk ) Dan Higer Order Thinking Skills ( Hots ) Dalam. Fip Unm, 343–354.

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei). Hidayah, N., Pgmi, J., Tarbiyah, F., & Keguruan, D. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di

Sekolah Dasar. TERAMPIL Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 34–49.

Jihan, A. N. F., Reffiane, F., & ... (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD …, 107–113. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17501

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574

Laila, Q. N., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Al, N., & Mojokerto, H. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Jenjang Sd/Mi. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(2).

Lubis, M. S. (2016). Teori Belajar dan Pembelejaran. In Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (pp. 0–74).

Mar, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. 253–260.

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 320–329. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.391

Pratiwi, E. T., Setyaningtyas, E. W., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Jurnal basicedu. 4(2), 379–38


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ninik Indriastutik, Heny Kusuma Widyaningrum, Suyanti Suyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.