Kegiatan kampus mengajar angkatan 4 dalam meningkatkan kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi membaca) murid SD Negeri Banaran Balerejo

Tasya Dian Muliana

Abstract


Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kegiatan program kampus mengajar dalam meningkatkan bernalar menggunakan bahasa (literasi membaca). Penelitian ini menggunakan memakai metode penelitian kualitatif jenis analisis merupakan jenis penelitian yang mendalam dan terstrutur untuk mendapatkan data sehngga dapat disusun dengan alur analisis yang muda dipahami pembaca. Teknik yang dipakai pada penelitian ini yaitu dilaksanakan dengan tahapan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keberhasilan program kerja Kampus Mengajar angkatan 4 dalam meningkatkan kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi membaca) tercermin pada hasil karya siswa dalam membuat sudut baca di dalam kelas yang bervaiasi yang setiap bulan ada pergantian kreativitas bacaan yang ada pada sudut baca di dalam kelas. Program kampus mengajar yang hadir di daerah pinggir dan terpicil, mampu membangkitkan motivasi murid dalam meningkatkan hasil belajar yang bermakna.


Keywords


Literasi membaca; Rendahnya minat literasi; Pembelajaran bermakna.

Full Text:

PDF

References


Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. In Journal of Student Research(JSR) (Vol. 1, Issue 1). https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jsr/article/view/958/761

Hasriani G, Risan, R., Abdul Haliq, Eka Patria Ningsih, Nafila, Andini Indahyani, S, N. Y., Kartika, R. M., & Sulfadli. (2022). Program Kampus Mengajar Angkatan 3 (KM3) Dalam Kegiatan Administrasi Sekolah Di SD Inpres Kelapa Tiga 1. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (Pengabmas Nusantara), 4(3), 100–108. https://ejournal.unimman.ac.id/index.php/pengabmas/article/view/143

Lisnawati, I. I., Julia, J., & Iswara, P. D. (2022). Implementasi Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1555. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9016

Majid, A. (2017). ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF (1st ed.). Makassar: Penerbit Aksara Timur. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=sMgyEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=ANALISIS+DATA+PENELITIAN+KUALITATIF+majid&ots=kUdLujwjM4&sig=13ynmiGI_UMmhGsJiHKSLZ9V30E&redir_esc=y#v=onepage&q=ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF majid&f=false

Rohim, cahya dhina, & Rahmawati, S. (2020). PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–7.

Rusti, E. R. (2023). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS 5 DI SDN 1 KALIBUNDER. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 1–4. Reading Literacy, Elementary School Students, Low Reading Literacy%0APENDAHULUAN

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Srihartati, Y., Husniati, & Nisa, K. (2023). Hubungan Program Literasi Dasar Dengan Minat Baca Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 168–175. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3263

Summaries, C. E. (2019). What Students Know and Can Do. PISA 2009 at a Glance, I, 31. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

Sutopo, A. H. (2022). Analisis Kualitatif dengan NVivo Fenomena Ibadah Masa Depan di Metaverse (1st ed.). Tangerang selatan: Topazart. https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Kualitatif_dengan_NVivo_Fenomen/vMqaEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=analisis+kualitatif+adalah&pg=PA19&printsec=frontcover

Tarisa, Hilyana, F. S., & Fardani, M. A. (2022). Implementasi Kampus Mengajar Untuk Menanamkan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 758–766. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.348

Wulandari, S. P., Wildani, Z., Prastuti, M., Aridinanti, L., Retnaningsih, S. M., Ratih, I. D., Kustantin, S., Zullah, V. S., Kurniasari, S. V., & Pradana, A. (2021). Pemodelan Literasi Membaca Siswa Di Daerah Terpencil Menggunakan Regresi Logistik Biner. Jurnal LeECOM (Leverage, Engagement, Empowerment of Community), 3(1), 33–42. https://doi.org/10.37715/leecom.v3i1.1887


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tasya Dian Muliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.