Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Paham Karir dengan Memanfaatkan Media Ajar Berupa Mind Mapping pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pacitan Tahun Ajaran 2022/2023

Dian Fergie Mariska, Silvia Yula Wardhani, Juliati Juliati

Abstract


Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian yang dilaksanakan ini yakni sebagai sarana peningkatan kemampuan paham karir masa depan dan dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis guna mengetahui tingkat peningkatan kemampuan paham karir pada peserta didik yang diberikan layanan bimbingan kelompok memanfaatkan media ajar berupa Mind Mapping. Penelitian ini dilaksanakan dengan memanfaatkan metode PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling) dimana tindakan yang diberikan pada penelitian ini sebanyak dua kali siklus layanan bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Pacitan Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yakni terjadinya peningkatan kemampuan paham karir pada 5 siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Pacitan dengan hasil rata-rata skor tes pada prasiklus sebesar 7,2. Kemudian setelah siklus 1 diberikan tes Kembali dengan hasil skor rata-rata 14,8. Dan pada finalnya setelah siklus kedua skor rata-rata tes meningkat sebesar 17,8. Dari hasil yang telah dipaparkan memiliki simpulan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan memanfaatkan media ajar berupa mind mapping dapat meningkatkan kemampuan paham karir pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pacitan.


Keywords


Paham Karir, Bimbingan Kelompok, Mind Mapping

Full Text:

PDF

References


Agustina, E., Yuliansyah, M., & HJ. Auliah, N. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Teknik Cinema Therapy di Era New Normal pada Kelas X di SMK Negeri 3 Amuntai. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10).

Hartanti, J., & Nindi Riandika, L. M. (2022). Tinjauan Teoritis Bimbingan Kelompok. 2022.

Hazrati, R., Hanim, W., & Setiawaty R., D. (2016). Pengaruh Media dalam Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Pengaturan Diri Siswa Kelas XI di SMAN 56 Jakarta. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1). https://doi.org/10.21009/insight.051.14


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dian Fergie Mariska, Silvia Yula Wardhani, Juliati Juliati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.