Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Experiental Learning pada Siswa Kelas XI AKL SMKN 1 Paron

Aticha Ardhianita Sari, Rischa Pramudia Trisnani, Slamet Suyono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan klasikal melalui experiential learning untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI AKL D SMKN 1 Paron. Penelitian ini dilakukan sebagai bagian dari penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) yang diikuti oleh 32 siswa. Hasil studi kepercayaan diri mahasiswa pra siklus memperoleh rata-rata 8 dengan presentase 32% dalam kategori sangat kurang. Pada siklus I mendapat skor rata-rata 13 dengan presentase 52% dalam kategori Cukup. Pada siklus II mendapatkan skor rata-rata 20  dengan presentase 80% di kategori Baik. Ketika layanan bimbingan klasikal dilaksanakan dengan konseling experiential learning, mendapatkan hasil observasi terhadap peneliti yang dilakukan saat bimbingan klasikal berlangsung yang mendapatkan hasil skor 31 presentase 39% masuk kategori kurang. Sebaliknya, pada siklus II pertemuan III peneliti mendapatkan skor 70 presentase 88% kategori sangat baik. Secara ringkas hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan diri siswa setelah pemberian layanan bimbingan klasikal melalui experiential learning bagi siswa kelas XI AKL D SMKN 1 Paron dapat diterima yang dibuktikan setelah adanya layanan bimbingan klasikal dengan Experiential learning meningkat 49% dari Siklus I ke Siklus II, sedangkan pada kepercayaan diri terjadi peningkatan sebesar 48% dari pra siklus ke siklus II.


Keywords


imbingan Klasikal Experiental Learning, Kepercayaan Diri

Full Text:

PDF

References


Fatimah.2008. Psikologi perkembangan. Bandung : CV Pustaka Setia

Imam Muhammad. 2019. “Peningkatan Interaksi Sosial Teman Sebaya Siswa SMP Melalui Bimbingan Klasikal Dengan Metode Sosiodrama.” Jurnal Konseling Gusjigang 5(2):104-108.

Lauster,P. 2003. Tes Kepercayaan Diri, Bumi Aksara, Jakarta

Lestari, I., Santoso, S., Rahmawati, A.2022. "Penguatan Karakter Kepercayaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Experiental Learning". Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2022, 524-529.

Rochiati Wiriatmadja.2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Tanjung Zulfriadi., Amelia Sinta Huri 2017. “Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa.” Jurnal Riset Tindakan Indonesia Volume, 2 (2):1-4


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aticha Ardhianita Sari, Rischa Pramudia Trisnani, Slamet Suyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.