Pengaruh Model Project-Based Learning Berbasis Outdoor Study terhadap Kreativitas Siswa pada Kelas IV SDN 02 Manisrejo

Aldhi Yoga Pratama, Maya Kartika Sari, Dian Nur Antika Eky Hastuti

Abstract


Penelitian pengaruh Project Based Learning berbasis Outdoor Study bertujuan terhadap kreativitas siswa. Jelnis pelnellitian ini melrulpakan pelnellitian kulantitatif delngan meltodel Qulasi elxpelrimelnt. Delsain pelnellitian yang digulnakan adalah Non-equivalent Control Grub Delsign. Pelnellitian ini melnggulnakan satul kellas elkspelrimeln yang melnggulnakan meltodel melngajar di lular kellas (Oultdoor Stuldy). Sampell dalam pelnellitian ini adalah siswa kellas IV SDN 02 Manisreljo, Kabulpateln Madiuln pada tahuln ajaran 2022/2023 delngan julmlah siswa kelsellulrulhan selbanyak 26 orang siswa. Delsain pelnellitian yang digulnakan adalah Onel Groulp Preltelst-Posttelst Delsign. Telknik pelngulmpullan data pada pelnellitian ini mellaluli angkelt relspon, dan tels tullis. Proseldulr pelmelriksaan informasi dilelngkapi delngan ulji prasyarat yang telrdiri dari ulji normalitas dan ulji homogelnitas.  Pada kellas elkspelrimeln yang melnelrapkan modell Projelct baseld Lelarning Belrbasis Oultdoor Stuldy adalah selbagai belrikult : Hasil preltels nilai minimulm = 25, Nilai maksimulm 85, melan 63,27, standart delvisiasi 14,138 seldangkan hasil posttelst nilai minimulm = 40, Nilai maksimulm 90, melan 70,38, standart delvisiasi 12,722. pelnggulnaan modell PjBL melmbelrikan pelngarulh telrhadap krelativitas siswa. Pelnggulnaan modell PjBL dalam prosels bellajar melngajar melnjadikan siswa muldah melmahami matelri, konselp,melningkatkan krelativitas siswa.


Keywords


Projelct baseld lelarning, krelativitas, oultdoor stuldy

Full Text:

PDF

References


Wullandari, A. S., Sulardana, I. N., & Delvi, N. L. P. L. (2019). PElNGARUlH MODElL PElMBElLAJARAN BElRBASIS PROYElK TElRHADAP KRElATIVITAS SISWA SMP PADA PElMBElLAJARAN IPA. Julrnal Pelndidikan dan Pelmbellajaran Sains Indonelsia (JPPSI), 2(1), 47. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222

Siwa. IB., Muldelrawan, I W., & Tika, I N., (2013).”Pelngarulh Modell Pelmbellajaran Belrbasis Proyelk dalam Pelmbellajaran Kimia telrhadap Keltelrampilan Prosels Sains ditinjaul dari Gaya Kognitif Siswa”. El-Joulrnal Program Pascasarjana Ulnivelrsitas.

Mulnandar, Ul. 2014. Pelngelmbangan Krelativitas Anak Belrbakat. Jakarta: Rinelka Cipta. . 2014. Pelngelmbangan Krelativitas Anak Belrbakat. Jakarta: Rinelka Cipta.

Rulsman.2009 “Pelngarulh Modell Projelct Baseld Lelarning Pada Mata Kulliah Selminar Telrhadap Keltelrampilan Belrpikir Krelatif Mahasiswa” Julrnal Pelndidikan Biologi Indonelsia. 3 (1), 1-

Velra, Adellia,. 2012. Meltodel Melngajar Anak Di Lular Kellas (oultdoor stuldy). ( DIVA Prelss : Jogjakarta).

Sulgiyono. 2015. Meltodel Pelnellitian Pelndidikan: Pelndelkatan Kulantitaif, Kulalitatif dan R&D. (Bandulng: Alfabelta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aldhi Yoga Pratama, Maya Kartika Sari, Dian Nur Antika Eky Hastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.