Upaya peningkatkan hasil belajar tema benda-benda di sekitar kita melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas v sd negeri 1 wonodadi wetan tahun ajaran 2022/2023

Yeni Tri Lestyani, Hartini Hartini, Retna Widyaningrum

Abstract


Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Kurikulum 2013 belum optimal, yang menyebabkan rendahnya tingkat ketuntasan yang belum mencapai persentase minimal KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Oleh karena itu, dipilihlah model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonodadi Wetan pada Tahun Ajaran 2022-2023. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah 17 siswa kelas V SD Negeri 1 Wonodadi Wetan dengan karakteristik yang beragam. Pembelajaran dilakukan berdasarkan langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Learning, yaitu orientasi siswa pada masalah, pengorganisasian siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar muatan IPA. Pada awalnya, rata-rata nilai siswa adalah 62,40 dengan tingkat ketuntasan 40%. Pada siklus 1, dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 71,80 dengan tingkat ketuntasan 50%. Pada siklus 2, rata-rata nilai siswa adalah 87,15 dengan tingkat ketuntasan 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar muatan IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Wonodadi Wetan.


Keywords


Problem based learning, Model pembelajaran, Hasil belajar IP

Full Text:

PDF

References


Fauzia, Hadist A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. PRIMARY Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.7, No 1.

Hidayah, Nurul. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol.2, No 1.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Depdiknas.

Lestari, Sri. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Membandingkan Bilangan 1 Sampai 500 Melalui Metode Problem Solving pada Siswa Kelas II SD Negeri Karangmojo 03 Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013.

Pusparini, Dwi Ratri. (2014). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar pada Siswa Kelas 5 Semester II SDN Patemon 01 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Salatiga: S1 PGSD FKIP UKSW.

Slameto. (2011). Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Widya Sari Press Salatiga.

Sudarwan. (2013). Pendekatan-pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik.

Tyas, Retnaning. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal TECNOSCIENZA, Vol.2, No 1.

W. Gulo. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Yuliati, Y., Lestari, I. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol.5, No 1, 32-39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yeni Tri Lestyani, Hartini Hartini, Retna Widyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.