Memahami Anak Cerdas Istimewa dan Berbakat serta Penerapan Model Pembelajarannya

Vivi Devi Permatasari, Pawestri Lintang Yuhansa, Wildan Rizky Alamsyah, Lois Anggi Putri, Endang Sri Maruti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hakekat anak istimewa dan berbakat istimewa, 2) Cara untuk mengajar anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa dan 3) Peran wali murid yang memiliki anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa. Penelitian ini berpendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SDN 1 Manguharjo. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi, selanjutnya dianalisis berdasarkan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yabg mempunyai potensi kecerdasan dan bakat istimewa adalah anak yang mempunyai IQ 140 atau lebih dari anak seusianya. Model pembelajaran dilakukan berupa bentuk pengayaan dan pengelompokan peningkatan. Orang tua sangat berperan dalam peningkatan prestasi anak berkebutuhan jenis ini.


Keywords


anak cerdas istimewa; berbakat istimewa; model pembelajaran; peran orang tua

Full Text:

PDF

References


Conny Semiawan, (1994), Prespektif Pendidikan Anak Berbakat, Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Davis, Gary A. 2012. Anak Berbakat dan Pendidikan Keberbakatan. Jakarta: Indeks

Idris, R. (2017), Mengatasi Kesulitan Belajar dengan pendekatan psikologi kognitif. Lentera pendidikan: jurnal ilmu tarbiyah dan keguruan.

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar. Dalam Prespektif, Asesmen, dan penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor.

Kustawan Dedy, M.pd Drs. April 2013. Bimbingan Dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta. PT Luxima Metro Media

Kirk, S. A., & Gallagher, J. J. (1986). Educational Exceptional Children. Boston: Houghton Mifflin Company.

Kirk, S. A., & Gallagher, J. J. (1987). Educational Exceptional Children. Boston: Houghton Mifflin Company.

Kustawan Dedy, M.pd Drs. April 2013. Bimbingan Dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta. PT Luxima Metro Media.

Sisk, Dorothy. (1987). Creative Teaching of the Gifted. New York: McGraw Hill Book Company.

Utami Munandar, SC., (1982), Pemahaman Anak Berbakat, Jakarta, CV Rajawali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Vivi Devi Permatasari, Pawestri Lintang Yuhansa, Wildan Rizky Alamsyah, Lois Anggi Putri, Endang Sri Maruti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.