Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Example Non Example Pada Siswa Kelas III SDN Tawanganom 1 Magetan

Sholha Ninggar Zulfikar, Dewi Tryanasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa khususnya materi Keliling Bangun Datar pada siswa kelas III SDN Tawanganom 1 Magetan Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui penggunaan metode “Example Non Example” dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai metode penelitian. PTK adalah pendekatan penelitian yang dilakukan di dalam konteks kelas dengan tujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Tawanganom 1 Magetan pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Jumlah total siswa dalam kelas tersebut adalah 21 siswa. Metode tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar matematika setelah siswa mengikuti pengajaran pada siklus I dan siklus II. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN Tawanganom 1 Magetan. Hal ini terlihat dari skor rata-rata hasil belajar matematika pada siklus I sebesar 64,7 dengan tingkat kelulusan sebanyak 6 siswa atau 28,6%, sedangkan pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar matematika meningkat menjadi 81,5 dengan tingkat kelulusan sebanyak 16 siswa atau 76,2%. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN Tawanganom 1 Magetan.


Keywords


Hasil Belajar, Matematika, Example Non Example

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainalii. (2016). Kumpulani Modeli Pembelajarani Kreatif dani Inovatifi. Bandung: Satui Nusai. i.

Ngalimuni, (2016), Strategii dan Modeli Pembelajaran. Jogyakartai: Aswaja Pressindoi

Amari, N., Najibi, A., & Febryantii, F. (2019)i. Efektivitasi Metodei Pembelajarani Examplesi Non Examplesi terhadap Hasili Belajar Matematikai. Journali Peqguruang, 1(2)i, 168i-173.

Fimansyahi, D. (2015). Pengaruhi Strategii pembelajarani dan minati belajari terhadapi hasil belajari matematikai. Judika (Jurnal Pendidikani UNSIKAi), 3(1).

Huda, Miftahulii. (2015). Penelitiani Tindakan Kelasi Teorii dan Prakteki.Yogyakartai :Pustaka Pelajari.

Lestiawan, Fi., & Johani, A. B. (2018). Penerapani Metode Pembelajarani Examplei Non examplei Untuk Meningkatkani Keaktifani Dan Hasil Belajari Dasar-Dasari Pemesinani. Jurnal Tamani Vokasi, 6(1)i, 98-1 i06.

Yoyoh Rohanahi, (2022). Peneriapani iModeli Pembelajaran Exiamplei Noni Examiplei Untuki Meningkatkani Hasil Belajari Matematikai Topik Penjumlahani Dan Pengurangani Dua Pecahani. Jurnal Ilmiahi Pendidikan, 14i (2), 77-81.

Miftahuli Huda, Model-Modeli Pengembangani Dan Pembelajarani (Jakartai: Pustaka Pelajari, 2014). H. 234i.

Rimai Egai, (2016), Ragami Mediai Pembelajarani, Bandungi, Kta Penai

Handayanii, Juimanta. (2014). Modeli dan Model Pembelajarani Kreatifi dan Berkarakteri. Ghaliai Indonesia. Bogori.

Aqib, Zainalii. (2016). Kumpulani Metodei Pembelajarani. Bandungi: Satui Nusa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sholha Ninggar Zulfikar, Dewi Tryanasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.