MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE BERMAIN PERAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 PONOROGO

Sepninda Dyah Widiyanti, Supingi Supingi, Rischa Pramudia Trisnani

Abstract


Kepercayaan diri merupakan kondisi secara mental yang dimiliki oleh seseorang dalam memahami kemampuan diri dalam menyesuaikan dengan situasi yang ada. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Ponorogo dengan layanan bimbingan klasikal menggunakan metode bermain peran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan menggunakan penelitian tindakan layanan bimbingan dan konseling (PTBK). Dalam penelitian tindakan dalam layanan bimbingan dan konseling terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 2 Ponorogo. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian akan di cek secara kuantitatif dan kualitatif berdasarkan tindakan yang telah dilaksanakan pada siklus pertama dan siklus kedua. Kedua data tersebut menunjukkan jika terdapat peningkatan kepercayaan diri dari sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan metode bermain peran.  


Keywords


Kepercayaan diri, Bimbingan klasikal, dan Bermain peran

Full Text:

PDF

References


Azmi, L. N., & Nursalim, M. (n.d.). Bimbingan Kelompok Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Pemahaman Etika Pergaulan Siswa Kelas VII SMPN 51 Surabaya.

Fatoni, M. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Blended Learning, 2(1), 1–14.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5.

Imam, M. (2019). Peningkatan Interaksi Sosial Teman Sebaya Siswa SMP Melalui Bimbingan Klasikal Dengan Metode Sosiodrama. Jurnal Konseling Gusjigang, 5(2).

Lusihana, L. (2020). Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Sosiodrama (Bermain Peran) Di SMAN 1 Maliku. Jurnal Inovasi Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–8.

Palupi, N. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Bimbingan Dan Konseling Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas VIII Smp Stella Matutina Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 75–83.

Pramono, A. (2020). Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa Melalui Layanan Informasi Teknik Bermain Peran. Jurnal Bhakti Pendidikan Indonesia, 2(3).

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan diri dan kemandirian belajar pada siswa SMA negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43–49.

Rohmah, D. S., Wikanengsih, W., & Septian, M. R. (2021). Layanan Bimbingan Klasikal untuk Siswa Kelas X yang Memiliki Kepercayaan Diri Rendah SMA Asshiddiqiyah Garut. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(1), 81–88.

Setyowanti, S. (2019). Peningkatan Interaksi Sosial Teman Sebaya Melalui Bimbingan Klasikal Dengan Metode Sosiodrama Pada Siswa Kelas XI SMK. Jurnal Konseling Gusjigang, 5(1).

Silvia, T., Yandri, H., & Juliawati, D. (2022). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Berbicara di Depan Kelas Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 9–15.

Tresna, S., Hendriana, H., & Pahlevi, R. (2022). Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Role Playing Untuk Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 5 Karawang. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 5(1), 68–77.

Wijayanti, E. Y. (2022). Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Metode Psikodrama. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 32(1), 24–40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sepninda Dyah Widiyanti, Supingi Supingi, Rischa Pramudia Trisnani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.