PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X SMAN 6 MADIUN

Rukma Nur Kumalasari, Wachidatul Linda Yuhanna, R. Bekti Kiswardianta

Abstract


Era digital menjadikan mobile learning sebagai salah satu media pembelajaran yang sering digunakan oleh siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, validitas, kelayakan dan keefektifan penggunaan mobile learning pada materi Biologi di SMAN 6 Madiun. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk mobile learning terdiri dari 3 materi pembelajaran.  Multimedia mobile learning dinyatakan valid oleh validator. Perolehan skor rata-rata validasi materi menunjukkan angka 43 yang berarti sangat valid. Sedangkan perolehan skor rata-rata validasi media menunjukkan angka 57 dengan kategori juga sangat valid. Multimedia mobile learning dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Presentase hasil uji kelayakan menunjukkan 62% menyatakan multimedia mobile learning sangat layak, 33% layak, dan 5% cukup layak.


Keywords


Multimedia, mobile learning, Biologi

Full Text:

PDF

References


Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digitalguna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. 3800.

Haka, N. B., Suryaasih, P. A., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Terintegrasi Nilai Sains Sebagai Solusi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas XI Mata Pembelajaran Biologi Di Tingkat SMA/MA. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 13(1), 1. https://doi.org/10.25134/quagga.v13i1.3202

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015

Hastiningrum, D., & Haryanto, S. (2020). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Discovery Learning Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Klaten. Journal of Educational Evaluation Studies …, 1(3), 202–213. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/11089

Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Hidayati, I. D. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplika[1] I. D. Hidayati, “Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa,” vol. 4, no. 2, pp. 251–257, 2021.si Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. 4(2), 251–257.

Kristanto, P. D., & Setiawan, P. G. F. (2020). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait Dengan Konteks Pedesaan. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 370–376.

Latip, A. (2022). Penerapan Model Addie dalam Pengembangan. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(2), 102–108.

Marcelina, S. D. (2018). Studi Daya Dukung Fisik Kawasan Wisata Dan Persepsi Wisatawan Di Pusat Latihan Gajah Taman Nasional Way Kambas. Skripsi, 85.

Nurcahyo, M. A., Guru, P., Dasar, S., Nahdlatul, U., Kalimantan, U., & Barat, K. (2020). Penggunaan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMP PADA MATA PELAJARAN IPA. 9(2), 132–138. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2077

Pratiwi, K., Lukitasari, M., & Yuhanna, W. L. (2020, December). Pengembangan lks berbasis high order thinking skills (hots) dengan jumping task (jt) pada materi daur biogeokimia sma kelas x. In Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS (Vol. 5).

Rorita, M., Ulfa, S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok Bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Panjura Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 70–75. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p070

Sukmawati, F. (2015). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Biologi SMP Berbasis Android Untuk Bekal Menghadapi UAN Di SMP Islam Bakti 1 Surakarta. Pengembangan ICT Dalam Pembelajaran, November, 36–44.

Suryaman, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Daring Nasional : Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Umam, K. (2018). Pengaruh Media Picture Story terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Biologi. Proceeding Biology Education Conference, 15 (1), 111–115.

Wandhiro, M. F. (2020). Pembuatan Video Pembelajaran yang Efektif. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Yuhanna, W. L., & Ningsih, N. A. (2022). Kesadaran Metakognitif Mahasiswa Melalui Pembelajaran Mandiri. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 9(2), 134-141.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rukma Nur Kumalasari, Wachidatul Linda Yuhanna, R. Bekti Kiswardianta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.