PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GEMERLAP TABEL PERKALIAN DI KELAS 3 SDN PANGONGANGAN MADIUN

Nor Rohmah Kurniawati, Nurul Kusuma Dewi, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan jenis metode kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah tes. Penelitian didahului dengan observasi awal, perencanaan tindakan dan ditindaklanjuti dengan implementasi tindakan,observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi perkalian peserta didik dengan menggunakan media gemerlap tabel perkalian pada peserta didik. Di samping tujuan yang lain Penelitian Tindakan Kelas bertujuan memberi pengalaman bagi kepala sekolah merangkap guru pamong dan dewan guru dalam memperbaiki proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III dalam satu kelas terdapat 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan beberapa kesalahan yang dilakukan peserta didik diantaranya (1) peserta didik pada saat memahami masalah kurang baik. Penyebabnya adalah tidak pahamnya cara pengerjaannya dan tidak hafal tabel perkalian, (2) kesalahan ketrampilan proses, disebabkan peserta didik masih belum mahir dengan perhitungan dalam perkalian. Hasil pelaksanaan dievaluasi dalam refleksi untuk menyusun rencana perbaikan yang diikuti pelaksanaan,  observasi dan refleksi tahap berikutnya,sampai dua siklus. Data hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media Gemerlap Tabel Perkalian dapat meningkatkan hasil belajar materi perkalian. Guru dan peserta didik aktif menyiapkan pembelajaran dan proses pembelajaran, porsi latihan soal relatif lebih banyak sementara waktu mencatat berkurang, kebiasaan belajar untuk meningkatkan hasil belajar meningkat, dan dapat menimbulkan rasa senang, percaya diri, dan sikap mandiri.


Keywords


Gemerlap Tabel Perkalian, Hasil belajar, Materi Perkalian

Full Text:

PDF

References


Aksin, Nur, dkk (2017). Matematika Mata Pelajaran Waji, Klaten: PT Intan Pariwara..

Aprilita, Paskalina, dkk. (2016). Analisis Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran UNTAN. Vol 5, no.10.

Nurfi L.K. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian, Jurnal Tindakan Kelas. Vol 2, no.2.

Sugiarni R, Septian A, dkk (2021). Studi Penelitian Tindakan Kelas: Bagaimana Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Siswa?. Jurnal of Instructional Mathematics. Vol 2 no.1.

Surya, M (2015). Strategi Kognitif dalam Dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. (100-110).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nor Rohmah Kurniawati, Nurul Kusuma Dewi, Sutrisno Sutrisno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.