MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR (SD) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE)

Rocky Aldona, Cerianing Putri Pratiwi, Dewi Tryanasari

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Sugihwaras 2 Magetan, keterampilan membaca pemahaman di kelas V masih belum maksimal. Peserta didik kesulitan dalam memahami teks, kesulitan dalam penalaran berdasarkan informasi yang diberikan dalam teks, keterbatasan kosakata, dan kesulitan dalam mengingat informasi yang telah dibaca sebelumnya. Akibatnya adalah prestasi akademik yang rendah. Dampak lain yang terjadi di kelas V SD Negeri Sugihwaras 2 dikarenakan rendahnya tingkat keterampilan membaca pemahaman adalah keterbatasan peserta didik dalam belajar mandiri. Dalam memahami teks, peserta didik mengandalkan bantuan dari guru atau orang dewasa lainnya. Hal ini menghambat kemandirian belajar siswa. Pelaksanaan RADEC dimulai dengan guru dan siswa melakukan percobaan, kemudian di bentuk kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang peserta didik. Kemudian setiap kelompok diberikan teks untuk dibaca dan pertanyaan untuk didiskusikan. Dalam proses diskusi, guru terus memotivasi peserta didik untuk aktif dan tidak malu-malu untuk mengeluarkan pendapat. Guru juga membantu secara individu pada peserta didik yang terlihat kurang mampu mengikuti diskusi dengan baik. Setiap kelompok melakukan presentasi hasil diskusi. Presentasi dilakukan oleh semua anggota kelompok. Pada setiap akhir siklus, peserta didik diberikan lembar posttest untuk menguji tingkat keterampilan membaca pemahaman yang telah diajarkan. Pada tahap prasiklus, peserta didik yang memiliki nilai di atas KKM sebesar 25% (3 orang). Pada siklus I, peserta didik yang tuntas KKM sebanyak 58% (7 orang) atau meningkat 33% dari prasiklus. Pada siklus II, tingkat ketuntasan KKM peserta didik adalah 100% atau seluruh peserta didik memiliki nilai di atas KKM. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah 42%.


Keywords


Membaca Pemahaman, Prestasi belajar, Radec

Full Text:

PDF

References


Asfuri, N. B., & Sasmito, L. F. (2021). Reflect , Recite Dan Review ) With Pop Up Pada Kurikulum 2013 ( PREVIEW , QUESTION , READ , REFLECT , RECITE AND REVIEW ) WITH POP UP ON THE 2013 CURRICULUM THEMATIC LESSON CLASS V SD. 6, 130–141. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14984

Abidin, Y. (2022). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. PT Refika Aditama.

Ahmad, H. ., & Alek. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi: substansi kajian dan penerapannya (O. M. Dwiasri (ed.); 1st ed.). Erlangga.

Alfin, J., Wahyuni, S., & Thohri, M. (2008). Bahasa Indonesia 1 : paket 1-6. LAPIS dan PGMI.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Asfuri, N. B., & Sasmito, L. F. (2021). Reflect , Recite Dan Review With Pop Up Pada Kurikulum 2013 ( Preview , Question , Read , Reflect , Recite And Review ) With Pop Up On The 2013 Curriculum Thematic Lesson Class V SD. 6, 130–141.

Chairunnisa, C. C., Prihantini, & Sukardi, R. R. (2022). Model Read, Answer, Discuss, Explain, and Create untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 151–156. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1819

E Safitri, H. N., Slamet, S. Y., & Budiharto, dan T. (2021). Kemampuan membaca pemahaman ditinjau dari minat membaca dan penguasaan diksi peserta didik kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(449).

Fitrianawati, M. (2017). Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 2(3), 316–322. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9117

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v madrasah ibtidaiyah negeri 2 bandar lampung tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–21. https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1190

Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3R) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1616

Maufur, S., & Sholeh, A. (2015). Penerapan Metode PQR4 Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas IV SDN Pengampon II Kec. Lemahwungkuk Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.122

Mira, N., Wulandari, R., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Pembelajaran Multiliterasi Siswa Sekolah Dasar. 3(5), 2287–2298.

Mulyasa, H. . (2008). Praktik Penelitian Tindakan Kelas Menciptakan Perbaikan, (1st ed.). Remaja Rosdakarya.

Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34.

Nurdin, H. S. (2016). Guru Profesional dan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Educative, 1(1), 1–12.

Mulyasa, H. . (2008). PRAKTIK PENELITIAN TINDAKAN KELAS MENCIPTAKAN PERBAIKAN, MULYASA rosdakarya (1st ed.). Remaja Rosdakarya.

Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34.

Zan, A. (2019). Penerapan Strategi Sq4R Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 246–257. https://doi.org/10.52060/mp.v4i1.111


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rocky Aldona, Cerianing Putri Pratiwi, Dewi Tryanasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.