Analisis Moral Disengagement Siswa SMKN 2 Kota Madiun

Rizki Nur Aisyah, Dahlia Novarianing Asri, Noviyanti Kartika Dewi

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada fenomena perilaku Moral Disengagement yang terjadi di SMKN 2 Kota Madiun, Moral disengagement adalah seseorang yang memiliki moral disengagement dianggap terlibat dalam pola pikir maladatif yang dapat mengarah pada perilaku agresif. Tujuan dari penelitian ini aadalah untuk menganalisis kecenderungan moral disengagement pada siswa kelas XI di SMKN 2 Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik sampling yang di gunakan yaitu teknik Purposive Sampling sebagai sampel dalam penelitian.  teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara dengan lima subyek yang digunakan sebagai partisipan. Hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan subyek mengenai moral disengagement terbukti bahwa 17% siswa SMKN 2 Kota Madiun memiliki kecenderungan perilaku moral disengagement dalam kategori sedang karena permasalahan tersebut masih bisa ditangani oleh pihak sekolah. Beberapa permasalahan yang siswa alami yaitu, Sebagian besar siswa melakukan tindak bullying, membolos, mengejek teman, dan terkadang tidak mendengarkan nasehat guru. Dari perilaku tersebut siswa merasa menyesal tetapi juga mereka merasa biasa saja karena perilaku tersebut juga sama-sama mereka pernah lakukan kepada teman sekelas

Keywords


Moral disengagement, maladatif, kualitatif deskriptif, Purposive sampling

Full Text:

PDF

References


Christanti, D., -, S., & Putra, M. G. B. A. (2020). Psikodinamika moral disengagement remaja pelaku pencabulan: Sebuah studi kasus instrumental. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 209–228. https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.3333

Maharani, M., & Ampuni, S. (2020). Perilaku anti sosial remaja laki-laki ditinjau dari identitas moral dan moral disengagement. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 54–66.

Mewar, M. R. A. (2021). Krisis Moralitas Pada Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19. Perspektif, 1(2), 132–142. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.47

Muh, F. (2017). Luthfiyah, Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV. Jejak.

Nugraha, R. A., & Psi, S. (2020). Perilaku Prososial Dan Pengembangan Ketrampilan Sosial Siswa. Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.

Palupi, H. A. N. U. R. (2021). Moral Disengagement Pada Remaja Yang Melakukan Hubungan Seksual Pranikah. Universitas Bosowa.

Rahmah, M. (2017). Moral Disengagement Pelajar Madrasah Aliyah Yang Bekerja Sebagai Freelance Online Marketer of Pornography Content. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Siregar, R. R., & Ayriza, Y. (2020). Moral disengagement sebagai prediktor terhadap perilaku agresif remaja. Jurnal Ecopsy, 7(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rizki Nur Aisyah, Dahlia Novarianing Asri, Noviyanti Kartika Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.