Efektivitas Media Digital Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa iKelas iIII iSDN i01 iKlegen

Riris Zatira Wira Hastuty, Fauzatul Ma’rufah R, Sri Budyartati

Abstract


Bahasa Indonesia merupakan sebuah program pembelajaran yang di fokuskan intuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap ibahasa Indonesia. Keterampilan Berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi, artikulasi atau beberapa kata yang tersusun menjadi sebuah kalimat untuk mengungkapkan dan menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan pada lawan bicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media digital storytelling terhadap keterampilan berbicara pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas III SDN 01 Klegen. Penelitian ini menggunakan pendekatan ijenis kuantitatif dengan metode eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel diambil dengan cara total sampling yang berjumlah 28 isiswa di SDN 01 Klegen. Pengambilan data dilakukan dengan teknik pretest dan postest berupa tes lisan melalui metode bercerita. Data yang diperoleh kemudian dioalah dengan metode uji prasyarat dan uji hipotesis yang bertujuan 

Keywords


keterampilan berbicara, media digital storytelling, pembelajaran bahasa indonesia

Full Text:

PDF

References


Elvira, Fernanda Shella, Fenny Roshayanti, and Sunan Baedhowi. 2020. Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara Dan Hasil Belajar.” Jurnal iImiah Pendidikan dan Pembelajaran 4(3): 511–21.

Fauyan, Muchamad. 2019. “Developing Interactive Multimedia Through Ispring on iIndonesian Language Learning with The Insights of Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI i6(2): 177–90.

Heriyana, Wina, and Y Irena Maureen. 2014. “Penerapan Metode Digital Storytelling Pada Keterampilan Menceritakan Tokoh Idola Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Kedamean, Gresik.” Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 5(2): 1–9.

Herlina, Pina, and Erwin Rahayu Saputra. i2022. “Pengembangan Media Power Point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal iBasicedu 6(2): i1800–1809.

Kelly, Victor. i2015. “Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Menggunakan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Di Kelas V SD.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) i4(12).

Khairoes, Desmarita, and Taufina Taufina. 2019. “Penerapan Storytelling iUntuk iMeningkatkan Keterampilan iBerbicara iDi iSekolah iDasar.” iJurnal Basicedu i3(4): i1038–46.

Lailiyah, Nur, and iWidi iWulansari. 2016. i“Peningkatan Keterampilan iBerbicara iMelalui Metode iDiskusi Kelompok Model iTanam Paksa Siswa Kelas iX Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri.” iJP i(Jurnal Pendidikan): iTeori iDan Praktik i1(2): i166–73.

Padmawati, Kadek iDwi, Ni Wayan Arini, and Kadek Yudiana. 2019. “Analisis iKeterampilan iBerbicara iSiswa Kelas v Pada iMata iPelajaran iBahasa iIndonesia.” Journal for Lesson iand iLearning iStudies i2(2): i190–200.

Putri, Rini iFadhillah, ind Rizqy Fadhlina Putri. 2018. “Keterampilan iBerbicara iMahasiswa iDengan iIntegrasi iMedia iScreencast io iMatic iDengan iPembelajaran iInkuiri.” iWahana iInovasi i7(2): i15–22.

Syafryadin, Haryani, ind ARAP Salniwati. 2019. “Digital Storytelling Implementation for Enhancing Students’ Speaking Ability in Various Text Genres.” International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE) 8(4): 3147–51.

Zamzam, Fadhilah. 2020. “Digital Storytelling to Improve Speaking Skill.” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran i3(3): 524–28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riris Zatira Wira Hastuty, Fauzatul Ma’rufah R, Sri Budyartati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.